Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial HSS telah membangun 7 ribu lebih Rumah Layak Huni (RLH) sejak tahun 2013 dan melebihi terget Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) HSS Hj Siti Erma di Kandangan, Senin (9/7), mengatakan target RPJMD tahun 2013 sebanyak 5.052 RLH dan pencapaian ini berkat sinergi yang dijalin Pemkab HSS dan Pemerintah Pusat.

"Pembangunan RLH ini baik dari dari programProgram Rumah Sejahtera (PRS) Dinsos HSS,Program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Kementerian Sosial dan Program Bantuan Sosial Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," katanya, saat menyampaikan laporan dalam kegiatan penyerahan Dana Bantuan Sosial kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM)PRS.

Penyerahan simbolis dana PRS HSS (Fathurrahman/Protokol dan Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: 878 PKM Daha Selatan Terima Dana PKH

Dijelaskan dia, untuk PRS sendiri sampai Tahun 2018 telah membangun rumah sejahtera bagi 3 ribu lebih KPM, dan kembaliakan diserahkan kepada 192 keluarga penerima manfaat yang tersebar di delapan kecamatan dengan alokasi anggaran sebesar Rp13.908.000 per rumah KPM.

Total bantuan sosial mencapai Rp26 milyar lebih yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing KPM, dan dilakukan secara bertahap dan dibagi ke dalam tiga tahap.

Tahap I dan II masing-masing dicairkan sebesar Rp5 juta dan tahap III sebesar Rp3.908.000, selain itu juga akan dilakukan monitoring dan evaluasi sehingga pembangunannya dapat berjalan seluai perencanaan dan kebutuhan.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos HSS Rahmani, mengatakan PRS di delapan kecamatan di HSS, yakni Loksado12 KPM, Telaga Langsat 7 KPM, Daha Utara 2 KPM, Simpur 58 KPM , Sungai Raya 50 KPM, Kalumpang 11 KPM, Daha Selatan 15 KPM dan Kandangan 37 KPM.

Baca juga: Bansos Rastra Gratis Hanya Sampai Pertengahan Tahun

Penjabat (Pj)Bupati HSS H Dahnial Kifli, mengatakan bantuan yang diterima oleh KPM dapat diharapkan dapat bermanfaat dan inilah kemampuan daerah mensejahterakan masyarakat di HSS.

"Mari kita do'akan agar daerah kita semakin maju sehingga bisa lebih mensejahterakan masyarakat HSS, bantuan yang diberikan dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya KPM," katanya, saat memberikan sambutan di Dinsos HSS.

Dijelaskan dia, bantuan sosial PRS ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dan sebagai motivasi bagi para penerima manfaat agar hidup lebih baik.

Namun bantuan ini sifatnya sementara dan khususnya untuk para pendamping, diharapkan dia memberikan pemahaman kepada para penerima manfaat .

Penyerahan simbolis dana PRS HSS (Fathurrahman/Protokol dan Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dinsos HSS Gali Potensi SDM Daerah

Ditambahkan dia,pemerintah telah banyak memberikan bantuan kepada masyarakat, dan PRS ini adalah salah satunya, sehingga KPM dapat pula merasakan memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali dan nyaman untuk beribadah bersama keluarga.

Turut hadir dalam penyerahan dana PRS secara simbolis, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten HSS H M Noor MAP, perwakilan Bank Kalsel Syariah, para Sarjana Pendamping Desa Sejahtera (Samping Desa), TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) dan para KPM.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018