Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) dari Pemerintah Pusat yang dibagikan tahun 2018,  hanya akan berlangsung sampai pertengahan tahun saja. 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Hulu Sungai Selatan Hj Siti Erma melalui Kabid Pemberdayaan Sosial Rakhmani di Kandangan, Kelompok Penerima Manfaat Rastra akan beralih ke bantuan pangan non tunai.

"Setiap KPM akan mendapatkan bantuan pangan non tunai sebesar Rp110 ribu perbulan, untuk membeli beras dan telur di warung yang sudah ditentukan pemerintah pusat bekerja sama dengan perbankan," katanya.

Dijelaskan dia, setiap KPM penerima bantuan pangan non tunai bisa membeli jenis beras dan telur, sesuai dengan keinginan masyarakat.

Makanya bila KPM mau membeli beras yang bagus berarti hanya sedikit, karena dananya cuma Rp110 ribu saja, karena nominal pembelian sudah dibatasi.

Menurut dia, penyaluran Bansos Rastra di tahun ini selain tidak lagi menebus beras atau gratis, namun jumlah beras yang didapatkan KPM juga berkurang. 

Jika pada tahun 2017 lalu pendistribusiannya di Kabupaten HSS di subsidi pemerintah pusat dan Pemkab setempat,  sebanyak 15 Kilogram sekarang hanya mendapatkan 10 Kilogram. 

Memasuki minggu ketiga di bulan Februari 2018, penyaluran bantuan sosial  Rastra 2018 sesuai dengan peraturan kementerian sosial (Kemensos) gratis bagi masyarakat yang didistribusikan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tersisa dua Kecamatan yang belum selesai.

"Dari 11 Kecamatan di Kabupaten HSS, sudah sembilan kecamatan selesai, sementara Kecamatan Daha Utara dan Daha Selatan hingga Senin (19/2) belum selesai," katanya.

Untuk sisa dua Kecamatan Daha Selatan dan Utara yang belum didistribusikan, dijadwalkan  dalam minggu ini akan selesai dlakukan.

Berdasarkan Data Dinsos HSS, tahun 2018 warga di Kabupaten HSS yang menerima Bansos Rastra gratis sesuai dengan peraturan pusat,  total ada sebanyak 13.834 KPM yang tersebar di 11 Kecamatan.

Dengan rinciannya Kecamatan Angkinang 1.117 KPM, Daha Barat 447 KPM, Daha Selatan 3.117, Daha Utara 1.973 KPM, Kalumpang 647 KPM.

Sedangkan, untuk Kecamatan  Kandangan 1.954, Loksado 605, Padang Batung 1.099 KPM, Simpur 1.276 KPM, Sungai Raya 822 KPm dan Telaga Langsat 747 KPM.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018