Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSS sebagai pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada HSS) berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat Kabupaten.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina, di Kandangan, Kamis (5/7), mengatakan pasangan nomor urut dua  ini memperoleh 65,47 persen atau 78,281 suara, sementara pasangan Independen HM Najamuddin - HM Ridha memperoleh 34,53 persen atau 41.292 suara yang sah.

"Rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati HSS sesuai dengan jadwal, dan kita telah melaksanakan rekapitulasi tingkat kecamatan pada 28 sampai dengan 30 Juni 2018 lalu di 11 Kecamatan," katanya, saat menyampaikan laporan bertempat di Pendopo Kabupaten HSS.
 

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Tingkat Kabupaten KPU HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: KPU HSS telah selesaikan rekapitulasi suara tingkat kecamatan

Dijelaskan dia, pelaksanaan demokrasi Pilkada di Kabupaten HSS berjalan dinamis, kendati ada kendala namun masih bisa diselesaikan dan dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada, Kabupaten HSS berada di putaran ketiga,

Untuk kinerja dari KPU HSS sendiri, dari empat Kabupaten yang melaksanakan Pilkada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kabupaten HSS  berada di peringkat pertama untuk scan formulir C1.

Menurut dia, pencapaian ini tidak akan sekedar menjadi semangat tapi menjadi sebuah pembuktian bahwa penyelenggara di tingkat bawah menyelenggarakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Penyelenggara dibatasi hanya 1 x 24 jam untuk scan C1 agar langsung dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia secara nasional, dan posisi peringkat pertama HSS  penyelenggaraan scan C1 menjadi bagian dari lima besar secara nasional,"katanya.
 

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Tingkat Kabupaten KPU HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: ASN netral dalam Pilkada Pj Bupati ucapkan terima kasih

Penjabat(Pj) Bupati HSS H. Dahnial Kifli, mengatakan  agar rapat pleno pada hari ini dapat berjalan dengan baik, aman tertib dan lancar dan menyampaikan rasa terimakasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dan turut mensukseskan jalannya Pilkada.

Diharapkan dia, Allah SWT senantiasa membimbing dan memudahkan usaha dan kerja keras  bersama dalam melaksanakan pembangunan demi keberkahan banua, cangkal memilih beberkat banua, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat terwujud sesuai harapan.

Turut hadir,  Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Suhardi Aji S, dan unsur Forkopimda HSS, para pejabat Pemkab HSS, Para camat,  anggota KPU beserta Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel, Panitia Pengawas Pemilu HSS tingkat kabupaten dan kecamatan, Tim pasangan calon, dan lainnya.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018