Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) telah menyelesaikan perhitungan rekapitulasi  hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tingkat kecamatan, rekapitulasi di sebelas kecamatan ini telah rampung Sabtu (30/6) tadi.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina, di Kandangan, Selasa (3/7), mengatakan perhitungan dilaksanakan selama tiga hari ini dimulai sejak Kamis (28/6) atau sehari sesudah pemungutan suara PIlkada digelar, dimulai dari Kecamatan Kandangan, Daha Utara, Telaga Langsat dan Kelumpang.

Baca juga: ASN netral dalam Pilkada Pj Bupati ucapkan terima kasih

"Alhamdulillah pelaksanaan rekapitulasi berlangsung lancar tidak ditemui kendala, begitupun rekapitulasi di hari kedua Kecamatan Padang Batung dan Daha Barat dan terakhir Sabtu, rekapitulasi dilakukan di Daha Selatan, Angkinang, Sungai Raya dan Loksado," katanya, saat memberikan keterangan di Kantor KPU HSS.

Dijelaskan dia, setelah rampungnya rekapitulasi tingkat kecamatan, pihak dia akan kembali  mengagendakan rekapitulasi hasil suara PIlkada tingkat Kabupaten pada Kamis (30/7),  sekaligus penetapan hasil pemilihan Pilkada 2018 di HSS.

Berdasarkan hasil Sistem informasi Perhitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSS pada Pilkada HSS 2018 beberapa waktu lalu, Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati HSS Nomor urut satu HM Najamuddin-HM Ridha meraih 34,51 persen suara dengan jumlah suara 41.284 pemilih.

Baca juga: Video : Versi Situng sementara KPU HSS Fikry Unggul 65,89 persen

Sementara paslon nomor urut dua, H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad mendapatkan 65,49 persen dengan jumlah suara 78.345 pemilih, maka dari  hasil Situng KPU HSS tersebut  pasangan H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad unggul dengan 65,49 persen dari pasangan nomor urut satu dengan perolehan suara hanya 34,51 persen.

Adapun dalam  Pilkada HSS 2018 terdapat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 162.674 pemilih, dengan total 550 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 148 desa dan kelurahan dari 11 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018