Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  menggelar apel siaga tiga pilar, di lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di HSS tahun 2018.

Dandim 1003 Suhardi Aji Sriwijayanto, di Kandangan, Senin (25/6), mengatakan apel siaga tiga pilar ini melibatkan unsur kepolisian, TNI dan jajaran aparatur sipil negara (ASN), KPU, Panswaslu serta perangkat desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

"Perubahan pimpinan kepala daerah setiap lima tahun merupakan hal yang wajib kita laksanakan demi kesinambungan kepemimpinan di daerah ini, tetapi persatuan dan kesatuan bermasyarakat berserta komponennya adalah hal yang paling wajib kita jaga untuk keberlangsungan berbangsa dan bernegara di bumi Indonesia tercinta ini," katanya, saat menyampaikan amanat.

 

Pemeriksaan pasukan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: MUI HSS : Apapun Bentuknya Politik Uang Haram

Dijelaskan dia, apel tiga  pilar ini merupakan cara untuk menunjukan kepada masyarakat HSS,  bahwa TNI yang melalui Kodim 1003 Kandangan dan Kepolisian RI melalui Polres HSS, siap memberikan rasa nyaman kepada masyarakat khususnya jelang pelaksanaan Pilkada HSS Rabu (27/6) mendatang 2018.

Tiga  pilar terdepan dalam Kamtibmas ini yaitu Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa, dengan kata lain kondusif  tidaknya wilayah yang ada tergantung pada peran mereka ini, sebagai ujung tombaknya Kamtibmas dan diharapkan agar ketiga pilar ini bersinergi utk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Piha dia menginstruksikan ketiga  pilar ini untuk meningkatkan silaturrahmi dengan para tokoh agama maupun elemen masyarakat,  dan agar tiga  pilar ini manjaga situasi kondusif.

"Tiga  pilar ini harus bekerja profesional untuk mencegah serta deteksi dini terhadap gangguan dalam dan luar, juga memetakan potensi yang berpotensi menimbulkan konflik di daerah, untuk kita gunakan dalam menyelesaian persoalan yang meresahkan di masyarakat," katanya.

Apel Sinergitas Tiga Pilar HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS Targetkan 71 Persen Partisipasi Pilkada

Penjabat (Pj) Bupati HSS H. Dahnial Kifli, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena baik dari pihak Polri, TNI, ASN, kepala desa, perangkat desa, KPU dan Panswaslu semuanya mengikuti kegiatan dengan penuh semangat.

"Mudah-mudahan semangat ini terus berlanjut, sampai dengan hari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti sehingga pada akhirnya nanti apa yang kita lakukan ini bernilai ibadah di sisi Allah," katanya.

Ia menghimbau, seluruh warga HSS di dalam menggunakan media sosial untuk menahan diri dan emosi, karena tujuannya akhirnya sama untuk membangun banua , dan salah satu proses untuk membangun Hulu Sungai Selatan adalah demokrasi melalui Pilkada.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen tiga  pilar yang diikuti oleh Forkopimda, pejabat perwakilan BUMN dan BUMD, terkait pengamanan Pilkada serentak dan mewujudkan suasana aman, tentram dan kondusif selama pelaksanaan pesta demokrasi di HSS.
 

Penyematan Ban Babinkam, Babinsa dan Kades simbolis (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Debat Kandidat Agar Rakyat Tahu Visi Misi Paslon

Adapun isi komitmen tiga pilar  tersebut antaralain, Pertama, Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan penuh ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Kedua, Menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta tunduk kepada perundang-undangan yang berlaku.

Ketiga, Forkopimda bersama seluruh elemen masyarakat siap bersinergi dan bekerjasama untuk menjaga stabilitas keamanan yang kondusif aman dan damai tanpa ada kerusuhan dan kekerasan, Keempat, Sebagai Aparatur Negara bersikap netral dan tidak berpihak kepada Golongan atau kelompok manapun selama pelaksanaan Pilkada berlangsung.

Kelima, Senantiasa menjadi sumber informasi pemimpin dan membantu dalam penyelesaian masalah, yang terjadi pada penyelenggaraan Pilkada, Keenam, Siap menjaga keutuhan masyarakat HSS dalam bingkai demokrasi demi keutuhan NKRI.

Ketujuh, Menolak segala bentuk provokasi, paham radikal dan terorisme yang dapat mengganggu penyelenggaraan Pilkada serta Kamtibmas di HSS, Kedelapan, Mendukung Tindakan Pemerintah terhadap setiap orang yang melakukan perbuatan hukum dan terorisme yang dapat mengganggu keamanan Pilkada HSS tahun 2018.
 

Penandatangan komitmen tiga pilar HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: H Ardiansyah Himbau Sholat Istikharah Tentukan Pilihan

Terakhir, Kesembilan, Komitmen semua Pihak untuk turut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 di wilayah HSS yang aman, tertib dan terkendali.

Turut hadir dalam kegiatan ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, para kepala SKPD di lingkungan Pemkab HSS, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI)  HSS, Kepala Kementerian Agama HSS H Saribudin, pimpinan BUMN dan BUMD.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018