Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar Jaya Desa Bumi Asih, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru meraih predikat terbaik kedua dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Bumdes Mekar Jaya Desa Bumi Asih saat ini memiliki aset Rp100 juta lebih," kata Kepala Desa Bumi Asih, Supardi di Kotabaru, Ahad.

Prestasi yang diraih Bumdes Mekar Jaya merupakan hasil kerja keras semua pihak yang terlibat, mulai dari pengurus dan mitra kerja Kelompok Mulia Bhakti.

"Alhamdulillah, Bumdes yang baru diaktifkan pada awal 2017 dengan modal awal Rp47,2 juta itu kini sudah memiliki aset Rp100 juta lebih," kata Supardi.

Tumbuh dan berkembangnya aset lanjut dia, diperoleh dari sejumlah unit usaha Bumdes hasil kerja sama dengan Mulia Bhakti, salah satunya adalah perdagangan tandan buah segar (TBS) sawit dari masyarakat.

Dituturkan Supardi, dari hasil usaha yang diperoleh, Bumdes Mekar Jaya Desa Bumi Asih telah memberikan santunan atau bantuan kepada warga yang kurang mampu dengan total nilai Rp13 juta.

Lebih lanjut dikatakan, jika membanding dengan Bumdes yang mendapat predikat nomor satu dari Hulu Sungai dengan total asset sekitar Rp300 juta, namun jika melihat usianya memang sangat wajar, karena Bumdes tersebut memang sudah puluhan tahun berdiri.

Meski demikian pihaknya mengaku bersyukur, karena di usianya yang masih `belia` Bumdes Mekar Jaya Desa Bumi Asih sudah bisa berbuat dan menjadi sumber pendapatan asli desa (PAD) serta membawa manfaat bagi masyarakat banyak.

"Saya selaku kepala desa mengucapkan banyak terima kasih kepada kelompok Mulia Bhakti yang sampai saat ini berjuang dengan semangatnya untuk membangun desa," ujarnya. Dia berharap kepada pengurus Bumdes agar lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas usahanya, salah satunya membangun Timbangan dan Loadingan (bongkar muat) TBS sawit sehingga memudahkan dan memperlancar usaha milik Bumdes.

Raihan peringkat kedua se Provinsi Kalsel Bumdes Mekar Jaya, penyerahan penghargaan dilakukan di Banjarmasin dan diwakili Kepala Desa Bumi Asih, Supardi.
 

Pewarta: Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018