Rantau, (Antaranews Kalsel) - Dua hari menjelang hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Harga ayam potong di pasar baru Keraton Rantau, Kabupten Tapin terpantau meningkat drastis.

"Dari pantauan kita hari ini, harga daging ayam potong melonjak dari harga normal Rp32 ribu, menjelang hari raya ini mencapai Rp45 ribu perkilogramny," ujar Sekertaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tapin Hj Lailian Noor, Rabu (13/6) di Rantau.

Dijelaskannya, selain ayam potong, kenaikan harga juga terjadi pada daging sapi yang awalnya harga Rp120 ribu, mendekati lebaran ini terjadi kenaikan menjadi Rp130 ribu.

"Harga daging sapi juga kenaikan harga yang normalnya Rp120 ribu, sekarang meningkat Rp130 ribu," ujarnya lagi.

Sementara itu, untuk beberapa komuditas lainnya seperti telur ayam, bawang merah, bawang putih, dan beras masih terpantau normal walau ada beberapa pedagang yang menaikan harga sekitar Rp500.

"Kita akan terlus melakukan pemantauan harga di pasaran untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga yang di lakuakan oleh beberapa oknum," ujarnya lagi.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tapin bersama Dinas Perdagangan, dan Dinas Ketahanan Pangan melakukan inspeksi mendadak di pasar keraton Rantau dan beberapa retail modern di Kota Rantau.

Dijelaskan Lailian Noor, sidak sendiri bertujuan untuk memntau langsung ketersediaan bahan pokok dan pemantauan harga untuk menghadapi lebaran tahun 2018 ini.

"Kita akan terus melakukan koordinasi dengan para distributor besar, agar tidak ada terjadi kenaiakan harga yang terlalu tinggi," ujarnya lagi.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018