Barabai, 12/6 (Antara) - Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit H Damanhuri (RSHD) Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, tetap beroperasi selama libur lebaran 1439 Hijriyah.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan HST Husnawati di Barabai, Selasa menyampaikan empat Puskesmas rawat inap yang ada di HST tetap melayani pasien selama 24 jam walaupun dalam keadaan libur lebaran.

"Untuk puskesmas rawat inap tetap layani pasien selama libur lebaran," jelas Husnawati.

Sedangkan 15 Puskesmas lainnya yang tidak rawat inap juga tetap buka piket seperti biasa dari pukul 08.00 Wita sampai 11.00 Wita namun tidak melakukan pelayanan Puskesmas keliling.

Layanan kesehatan juga dilakukan bersama tim gabungan bagj para pemudik yang ada di wilayah ini.

Terpisah Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD H Damanhuri Barabai dr Dessy Zuanita menyampaikan bahwa pihak rumah sakit juga tetap melakukan pelayanan sebelum maupun sesudah libur lebaran baik itu untuk pasien ?BPJS maupun umum.

Namun menurutnya untuk poliklinik pasien rawat jalan tutup dan untuk pasien gawat darurat yang harus ditangani di tingkat lanjutan tetap dilayani 24 jam di IGD hingga rawat inap.?

Dessy juga memastikan para dokter spesialis walaupun ada sebagian yang mudik namun tetap ada yang berjaga secara bergantian dan sudah diatur oleh pihak RS agar pelayanan kepada pasien tidak terganggu.

"Untuk pasien rawat jalan yang penyakitnya sudah kronis lama akan dilayani sebelum libur lebaran atau di waktu masih hari kerja," katanya.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018