Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Kalsel Kombes Pol Djoko Poerbo Hadijojo mengingatkan petugas Pos Pelayanan Terpadu yang didirikan untuk arus mudik Lebaran agar bisa menjamin kenyamanan dan keamanan pemudik.

"Tingkatkan betul-betul pengawasan di area pelabuhan, terminal dan bandara agar tidak terjadi tindak pidana yang korbannya adalah pemudik," ucapnya di Banjarmasin, Kamis.

Untuk memastikan anggota gabungan instansi terkait dalam posisi siaga memberikan pelayanan dan pengamanan, Djoko pun melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi seperti Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Bandara Syamsudin Noor dan beberapa Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Ketupat Intan 2018.

"Saat saya berbincang dengan calon penumpang kapal di pelabuhan mereka hanya mengeluhkan kebersihan agar bisa ditingkatkan terutama untuk toilet. Pemudik yang harus bermalam di terminal ruang tunggu juga mesti dijaga betul oleh petugas, jangan sampai misalnya barang hilang dicuri," papar Djoko.
 (antarakalsel/foto/firman)

Terkait antisipasi praktik calo dan tindak kejahatan, Polda Kalsel telah membentuk tim khusus untuk mengantisipasinya. Sehingga diharapkan pada momen arus mudik tahun ini berlangsung aman dan kondusif.

Sedangkan pada Posko Operasi Ketupat Intan, Djoko mengingatkan petugas untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pemudik yang mengendarai kendaraan bermotor.

"Pastikan ada tempat beristirahat di pos bagi pengendara yang mampir, termasuk petugas medis jika memerlukan pemeriksaan kesehatan," jelasnya menekankan.
(antarakalsel/foto/firman)

Kepada pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor, Djoko mengimbau agar mematuhi segala aturan lalu lintas di jalan raya. Bagi yang merasa lelah ataupun mengantuk, diharapkan bisa memanfaatkan rest area di sepanjang jalur mudik.

"Seluruh Pos Polisi dan Polsek serta Polres terbuka 24 jam bagi pemudik yang ingin mampir beristirahat. Saya ingatkan anggota untuk memberikan pelayanan maksimal bagi saudara kita yang sedang mudik, termasuk meningkatkan patroli di lingkungan perumahan yang banyak kosong ditinggal penghuninya," pungkasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018