Martapura, (Antaranews Kalsel) - Ratusan masyarakat kabupaten Banjar begitu antusiasme menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Alkaromah, Martapura bertepatan dengan malam ke-21 Ramadhan 1439 Hijriah di ruang induk Masjid Alkaromah, Selasa (5/6).

Dihadiri langsung Bupati Banjar H. Khalilurrahman dan Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur selaku Ketua LPTQ Kabupaten Banjar berserta jajaran SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurahman mengatakan, dari sekian banyak peristiwa istimewa di bulan suci ramadhan, yaitu Nuzulul Qur’an yang merupakan peristiwa diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.

"Al-qur’an adalah pedoman umat Islam memiliki nilai sastra yang luar biasa, terpenting adalah makna yang terkandung di dalamnya sangatlah luas, mencakup berbagai aspek dalam kehidupan,” ujarnya.

Dia juga menekankan, melalui momentum ini agar semua menjadikan kegiatan malam ini sebagai musahabah diri dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengalaman terhadap ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al-qur’an.

"Jika di bulan-bulan lalu kita masih banyak melakukan hal-hal yang tidak memberi manfaat, maka marilah kita pada bulan suci ini dan bulan-bulan lainnya dengan memperbanyak membaca Al-quran sebab kita tidak tahu kapan kehidupan kita akan berakhir," pungkasnya.

Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, betapa pentingnya Al-Qur’an dalam kehidupan ini, dalam momentum Nuzulul Qur’an ini Saidi mengajak untuk kembali mengingat akan sejarah turunnya Wahyu pertama kepada nabi Muhammad SAW.

"Seperti kita tahu, Alquran adalah petunjuk bagi kita semua dalam mengarungi kehidupan, dan mengingat kembali sejarah tentang turunnya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan," ujarnya

Ketua umum LPTQ itu mengucapakan terima kasih atas kelancaran kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an ini, dan semoga kedepannya antusias untuk mengaji Al-Qur’an bisa lebih tinggi lagi.

Kegiatan itu di isi dengan pembacaan Kalam ilahi yang di lantunkan oleh qori-qori terbaik dari kabupaten Banjar dan dari Jawa barat.

Selain Bupati Banjar, dan Wakil Bupati Banjar acara tersebut juga dihadiri oleh ketua DPRD Banjar beserta rekan-rekan Forkopimda, Sekda Banjar, dan Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Banjar./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018