Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Perkumpulan marga Batak Muslim melakukan kegiatan bakti sosial dengan menyalurkan bantuan Ramadhan berupa paket sembako ke wilayah pesisir sungai di daerah Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Selasa.
    
Penyaluran bantuan paket Ramadhan tersebut dilaksanakan menggunakan trasportasi sungai, yakni, kelotok bagi warga yang tinggal di pesisir sungai Tamban, khususnya di desa Tamban Bangun, Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel.
    
"Sekitar 500 paket sembako serta ada pula mukanna kita bagikan bagi warga di daerah pesisir sungai di wilayah kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel ini." ujar Dheys Lusiana Sidabalok, anggota perkumpulan Batak Muslim pusat.
    
Dia menyatakan, dipilihnya daerah pesisir sungai Tamban ini sebagai tujuan kegiatan bakti sosial pihaknya untuk bagi-bagi paket Ramadhan karena diketahui banyak warga yang kurang mampu.
    
"Kita harap bantuan kita ini dapat sedikit meringankan beban mereka untuk memenuhi kebutuhan menjalankan ibadah puasa," tutur Dhew.
    
Menurut dia, perkumpulan Batak Muslim memiliki kegiatan bakti sosial pada bulan Ramadhan ini di seluruh Indonesia, termasuk sebagiannya di Kalsel ini dengan bagi-bagi sedikit rezeki untuk warga yang kurang mampu.
    
Dikatakan dia, perkumpulan Batak Muslim kini memiliki anggota sekitar 10.000 di selurtuh Indonesia, dan terus berupaya ikut mensyiarkan agama Islam keseluruh pelosok.
    
Karenanya, kata Dhew, perkumpulan Batak Muslim akan mendukung salah satunya akan dibangunnya sebuah mesjid di desa Tamban Bangun ini.
    
"Ada salah satu anggota kita di Kalsel ini yang mewakafkan tanahnya untuk dibangun mesjid di desa Tamban Bangun ini, kita pastikan akan ikut mendukung dan membantu pembangunanya," papar Dheys.
    
Melalui yayasan yang dimiliki perkumpulan Batak Muslim Indonesia, kata dia, masyartakat di daerah itu yang menginginkan memiliki tempat ibadah berupa mesjid akan diupayakan diwujudkan secepatnya.
    
Namun tentunya, tutur Dhew, partisipasi donator baik dari pemerintah daerah dan warga mampu di daerah itu sangat dibutuhkan pula.
    
"Karena demi kemaslahatan bersama dan demi tegaknya syiar agama Islam, semuanya harus bergotong royong mewujudkan ini," paparnya.
    
Camat Tamban, Barito Kuala, Kalsel, Supian Suri yang hadior dalam acara penyerahan bantuan itu menyatakan syukur atas perhatian besar yang diberikan perkumpulan Batak Muslim Indonesia terhadap masyarakat daerahnya, tidak hanya bantuan Ramadhan, tapi juga niat suci untuk berencana membangun sebuah tempat ibadah, yakni, mesjid.
    
"Kami menerima dengan tangan terbuka atas bantuan para kaum muslimin dari perkumpulan Batak ini, tentunya ini sangat berarti bagi warga kami," tuturnya didampingi Kepala Desa Tamban Bangun, Lamsi.
    
Karenanya, janji dia, niat suci para perkumpulan Batak Muslim yang ingin membangun mesjid di daerahnya tersebut akan pihaknya bantu semaksimal mungkin.
    
"Tapi usul kita, sebelum nantinya dimulai pembangunan mesjid itu ada musyawarah terlebih dahulu dengan para tokoh masyarakat di sana, termasuk dengan pihak Kementerian agama setempat," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018