Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Perdagangan Hulu Sungai Selatan (HSS) HM Sufiani menghimbau pihak ketiga, baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ataupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat memberikan bantuan, untuk ketersediaan tenda para pedagang di pasar Ramadhan.

Ia mengatakan, total keperluan untuk tenda sebanyak 215 tenda, sementara yang tersedia tahun ini baru berjumlah 88 buah, yang tersebar di tiga titik, yaitu pasar Ramadhan Kandangan 50 tenda, pasar Ramadhan Angkinang 24 tenda dan pasar Ramadhan Negara 14 tenda.

"Harapannya di tahun 2019 atau bulan Ramadhan mendatang , dengan bantuan tenda dari pihak ketiga kebutuhan para pedagang dapat terpenuhi,"katanya, saat menyampaikan laporan dalam kegiatan pembukaan pasar Ramadhan Kandangan, Kamis (17/5) sore.
 
Pasar Ramadhan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS gelar pasar Ramadhan di tiga wilayah

Dijelaskan dia, ke depannya untuk wilayah kota Kandangan, lokasi pasar Ramadhan akan dipindahkan ke pasar terpadu di terminal Jalan HM Yusi Kandangan, mengingat saat ini kapasitas lokasi pemasangan tenda lokasi di pasar los batu terbatas.

Sementara itu, perwakilan Komunitas Bubuhan Nagara Daha Hulu Sungai Selatan (BND-HSS), Iwan Kusuma mengatakan, terima kasih kepada Dinas Perdagangan
HSS yang telah menanggapi usulan lokasi yang tepat untuk pasar Ramadhan di Negara, beberapa tahun lalu.

"Alhamdulillah lokasi Pasar Ramadhan di Wilayah Nagara Daha sudah dapat di fasilitasi dengan layak, terpasang tenda dan lapak untuk pedagang kuliner Ramadhan, ragam kuliner berbuka puasa tersedia di lokasi di Pasar Senin Negara,"katanya.

Baca juga: Kawasan Lanting Pelangi Icon Wisata Baru di HSS

Menurut dia, berdasarkan penjelasan pihak Dinas Perdagangan dipasang rambu untuk pengalihan arus lalu lintas memutar jalan depan ruko pasar senin,  untuk kendara'n roda empat  atau tiga  . 

Dan penetapan lokasi pasar  yang ada, bertujuan memeriahkan bulan ramadhan dan membuat masyarakat senang dengan adanya pasar Ramadhan ini, dan pihak Dinas Perdagangan akan terus melakukan pemantauan.
 
Dari Kiri Kepala Dinas Pertanian HSS Fathurrahman, Kepala Dinas Perdagangan HM Sufiani, Kepala Dispera KPLH HSS MK Saputra dan Pimpinan Bank Kalsel Kandangan Andhy Andriyawan(Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Syukuran HUT Bank Kalsel Serahkan Rp75 Juta Dana ZIS

Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan, Andhy Andriyawan, mengatakan, untuk tambahan tenda pasar Ramadhan, pihak dari Bank Kalsel akan mendukung program-program positif yang di lakukan oleh Pemkab HSS melalui Dinas Perdagangan HSS.

"Adapun untuk pasar Ramadhan tahun ini, kami telah berpartiasipasi dalam bentuk gapura masuk dan keluar pasar Ramadhan, tenda 50 buah serta nama pedagang di stand yang di sediakan,"katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018