Pelaihari, (Antaranews Kalsel)-penjabat Sementara Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Achmad Sofiani membuka Pasar Wadai Ramadhan Expo 2018/1439 Hijriah, di depan Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Kamis (17/5)


“Pasar Wadai Ramadhan Expo kali ini diikuti Pedagang dan pengusaha sebanyak 81 stand,” ujar Kadis Pariwisata Tanah Laut H Achmad Hairin, di Pelaihari.

Menurut dia, pada pelaksaan kali  ini terjadi peningkatan dibandingkan tahun lalu yangg hanya 68 stand.

“Stand tidak hanya pedagang makanan,  juga terdiri dari perbankan,  otomotif,  pakaian, UKM, asongan serta terdapat pelayanan Samsat Keliling,  sehingga mempermudah  pembayarkan pajak kendaraan,” ucapnya.

Dalam pelaksaan tersebut, sebut dia, juga dilaksanakan pula berbagai perlombaan seperti,  lomba da’i,  lomba bedug,  festival nasyid, menghias kue dan lainnya.

Terpisah, Pjs Bupati Tanah Laut Achmad Sofiani mengatakan,  tradisi pasar ramadhan  merupakan hal yang positif,  disamping untuk memenuhi keperluan kaum muslimin dalam menyediakan berbuka puasa.

“Kegiatan ini dapat membantu pemasaran industri kecil maupun kerajinan masyarakat,” terangnya.

Kepada pedagang, dia meminta,  agar menjaga kebersihan di lingkungan pasar ramadhan  dan tidak menambahkan campuran bahan makanan yang tidak  membahayakan bagi kesehatan.  

“Saya juga menghimbau untuk terus menjaga perdamajan,  kesatuan dan persatuan. Tunjukkan Islam adalah agama yang cinta damai,” tandasnya.

Acara tersebut dihadiri Sekdakab Tanah Laut, Forkopimda  Tanah Laut,  Pjs Ketua TP PKK Tanah Laut,  Ketua Dharmawanita Persatuan Tanah Laut, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Laut  dan pimpinan SOPD se-Tanah Laut.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018