Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, melaksanakan apel siaga dan deklarasi bersama seluruh elemen masyarakat HSS untuk menolak Radikalisme, Intoleransi dan Terorisme, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan,

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik HSS Efran di Kandangan, Rabu, mengatakan dalam kegiatan itu dibacakan deklarasi dan pernyataan sikap bersama seluruh elemen masyarakat Kabupaten HSS.

"Pembacaan dekralasi bersama disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) HSS H.Akmad Fahmi dilanjutkan penandatanganan deklarasi bersama dimulai oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSS H Ardiansyah dan diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan unsur lainnya," katanya.
 

Deklarasi Bersama (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Penyuluhan Upaya Tingkatkan Partisipasi Politik

Adapun isi deklarasi tersebut, antara lain, pertama, akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Kedua, menolak kerasa segala bentuk terorisme, radikalisme, dan intoleransi terhadap sesama pemeluk agama di Indonesia.

ketiga, mencegah dan mengutuk keras aksi terorisme yang terjadi di seluruh daerah, terutama yang baru saja terjadi di lapas cabang Salemba Jakarta dan beberapa gereja serta markas kepolisian di Jawa Timur.

Keempat, mendukung penuh TNI-POLRI untuk mempertahankan keutuhan dan menjaga keamanan NKRI dari segala bentuk ancaman terorisme, radikalisme, dan Intoleransi umat beragama yang dapat memecah belah bangsa.
 

Deklarasi Bersama (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Deklarasi Cegah Perkawinan Anak Usia Dini HSS

Kelima, menyatakan aksi terorisme dan radikalisme tidak mencerminkan sikap dan perbuatan agama manapun,

keenam,akan selalu waspada dan bahu membahu untuk menangkal segala bentuk paham dan ajaran Radikalisme dan Terorisme

Dan, terakhir ketujuh, akan turut membantu menciptakan situasi keamanan dan ktertiban masyarakat di kabupaten HSS yang kondusif serta berpartisipasi dalam kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten HSS yang damai dan bermartabat.

 

Deklarasi Bersama (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Turut hadir dalam acara itu Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko, Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Sukri Sulaiman, Kepala Kejaksaan Negeri Kandangan Sugeng Riadi SH, serta elemen masyarakat lainnya.
   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018