Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) bantuan Dari Kementerian Pertanian RI untuk mempertahankan kabupaten tersebut sebagai lumbung padi di Provinsi Kalimanatan Selatan.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada para kelompok Tani Di Kabupaten Banjar saat pelaksanaan Apel Gabungan yang digelar di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar, Martapura, Senin (7/5).

Bupati Banjar H Khalilurrahman bersyukur dan menyambut positif bantuan alat pertanian dari Kementerian Pertanian RI tersebut dan secara simbolis mengoperasikan salah satu unit traktor.

"Alhamdulillah, Kabupaten Banjar mendapat bantuan alat pertanian dari Kementerian Pertanian RI yang telah kita serahkan pada hari ini," ungkap Bupati Banjar.

H Khalilurrahman menjelaskan, bantuan alat pertanian tersebut sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan dan mendorong produktivitas pertanian di daerah.

Dia berharap bantuan-bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk menunjang serta mendongkrak hasil pertanian di Kabupaten Banjar. Selain itu dia ingin para petani dapat mempertahankan jati diri Kabupaten Banjar sebagai lumbung padi di Kalimantan Selatan.

“Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan para petani kita untuk mendongkrak hasil pertanian di Kabupaten Banjar. Dan saya ingin Kabupaten Banjar terus menjadi lumbung padi di Kalimantan Selatan," tandasnya.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Banjar, bantuan yang diterima berupa 50 unit traktor dan 50 unit pompa air.

Dia menuturkan Pemkab Banjar akan segera mendistribusikan bantuan tersebut untuk segera dimanfaatkan oleh para petani sebagai upaya peningkatan komoditas disektor pertanian.

"Alat tersebut akan kita distribusikan, agar para petani dapat memanfaatkannya," terangnya.

Selain menyerahkan bantuan alat pertanian, pada agenda Apel Gabungan yang diikuti oleh seluruh jajaran SOPD lingkup Pemkab Banjar, H Khalilurrahman juga menyerahkan Penghargaan LPPD Tahun 2018 serta Penghargaan TOP BUMD 2018.

Dan juga sertifikat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dari Kementerian Kesehatan RI kepada beberapa Kecamatan di Kabupaten Banjar./f


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018