Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah menyerahkan secara simbolis sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2016 dan 2017 kepada para guru TK, SD, dan SMP pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018 yang Aula Barakat Martapura, Rabu (2/5).

Sertifikat tersebut diberikan kepada para guru yang telah menyelesaikan pendidikan keprofesian, dan sebagai bentuk apresiasi serta perhatian Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap guru-guru yang telah berjasa dalam memajukan pendidikan guna penunjang pembangunan terutama di Kabupaten Banjar.

Saat memimpin Apel peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018 Bupati Banjar H Khalilurrahman juga menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Mendikbud RI memberikan arahan kepada Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebgaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara seorang tokoh pendidikan Indonesia.

Diungkapkannya, kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan saat ini masih jauh dari jangkauan. Menurutnya Guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pndidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.
Dikatakannya, tidak bisa tidak pendidikan harus menjadi urusan semua pihak. Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan di Indonesia.

Dengan optimistis Mendikbud RI dalam arahannya mengajak untuk bergandeng tangan, bahu membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan di Indonesia.

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Apel Peringatan Hadiknas tersebut dihadiri seluruh Unsur Forkopimda Kabupaten Banjar, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah beserta Staf Ahli, Asisten, dan Kepala SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Walau dalam kondisi hujan, apel Peringatan Hadiknas Tahun 2018 yang diikuti oleh para ratusan insan pendidik dan siswa sekolah di Kabupaten Banjar nampak khidmat dan berjalan lancar.

Diakhir kegiatan tersebut Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah juga memberikan penghargaan kepada siswa siswa sekolah yang berprestasi dalam bidang sains dan juga olahraga./f






 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018