Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerinta Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan pada triwulan I tahun 2018.

Sekretaris Daerah Kotabaru, H Said Akhmad di Kotabaru, Kamis mengatakan, seperti dipahami bersama bahwa pelayanan administrasi kependudukan merupakan bagian dari urusan wajib pemerintah daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Menurutnya, informasi administrasi kependudukan memiliki nilai yang strategis bagi penyelenggara pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga perlu pengelolaan informasi administrasi kependudukan secara terkoordinasi dan berkesinambungan.

Sebagaimana disebutkan dalam pasal 1 UU nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan bahwa administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Dikatakannya, data kependudukan juga menjadi dasar perencanaan pembangunan, juga kelengkapan tidak terpisahkan dari tiap individu dan bagian dari dokumentasi negara, terutama dalam menentukan prioritas kebutuhan publik, sekaligus dalam kerangka mengakselerasi pencapaian visi Kabupaten Kotabaru.

"Oleh karena itu saya mengharapkan agar segala permasalahan yang akan dikemukakan dalam forum ini dapat bersama-sama kita bahas agar tidak terjadi kendala di kemudian hari dalam pelaksanaan di lapangan," katanya.

Sekda berharap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat terus melayani masyarakat secara optimal serta berbagai target kinerja yang di tetapkan dapat tercapai dengan baik.

Bersamaan itu, dia berpesan agar kiranya dapat mengikuti rapat ini dengan baik, saling bertukar pikiran, memberi masukan dan menjalin komunikasi dengan baik demi terciptanya administrasi kependudukan yang baik di Kabupaten Kotabaru.
 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018