Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menyediakan wisata kayak bagi para pengunjung yang bertandang ke Riam Kinarum, Kecamatan Upau

"Bagi mereka yang suka berpetualang sambil naik perahu sekarang ini sudah tersedia di tempat kita," kata Ketua Kelompok Ekowisata Kinarum Suparin di Tanjung, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya menyediakan enam buah perahu kayak untuk operasional maupun wisatawan.

"Enam perahu kayak yang kita terima bantuan dari UPT KPH Kabupaten Tabalong," jelas Suparin.

Dengan wisata kayak ini para pengunjung bisa uji kebolehan menaiki perahu sambil menikmati panorama Riam Kinarum yang hijau dan indah.

Apalagi sekarang di Riam Kinarum telah dibangun bendungan dan ini menjadi daya tarik bagi pengunjung selain panorama jeram dan tebing - tebing di pinggir sungai.

Selain memiliki enam perahu kayak Kelompok Ekowisata Kinarum juga mendapatkan perahu karet dari

Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) IX Banjarbaru.

Dengan fasilitas perahu karet ini pengelola obyek wisata ini bisa mengawasi para pengunjung dan aktifitas lain sepanjang Sungai Kinarum.

Selain memberikan bantuan perahu karet BPHP IX Banjarbaru juga memfasilitasi pelatihan operator perahu karet bagi pengelola wisata Riam Kinarum dengan instruktur dari CV Arus Comal Pemalang, Jawa Tengah.

Selain operator perahu pelatihan juga diberikan bagi pemandu wisata di Riam Kinarum.

Wisata sungai ini berada di Desa Kinarum yang masuk dalam kawasan hutan produksi dan pengelolaannya melalui UPT KPH bekerjasama dengan kelompom ekowisata setempat.

Dari Kota Tanjung menuju Riam Kinarum sekitar 25 kilometer ke arah Utara Kabupaten Tabalong.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018