Martapura (Antaranews Kalsel) - Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan AKP Indra Agung Perdana Putra menyosialisasikan program keselamatan lalulintas kepada sejumlah pelajar di kabupaten itu.


"Sosialisasi keselamatan lalulintas kami lakukan dengan mendatangi SMP Negeri 1 Martapura dan memberikan pemahaman mengenai aturan berlalu lintas," ujarnya di Martapura, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya langsung terjun ke sekolah yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 38 Martapura itu memberikan sosialisasi kepada pelajar termasuk praktek menyeberang jalan.

Dijelaskan, tujuan sosialisasi adalah memberikan pemahaman kepada pelajar tentang pentingnya mematuhi peraturan dan tata tertib lalulintas untuk menekan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Tujuan sosialisasi adalah mencegah terjadinya pelanggaran lalulintas untuk menekan fatalitas dan menurunkan angka kecelakaan di kabupaten Banjar yang cukup tinggi," ungkapnya.

Menurut dia, saat sosialisasi pelajar diberikan pengetahuan tentang cara aman dan nyaman pergi ke sekolah sehingga mereka terhindar atau tidak menjadi korban kecelakaan lalulintas.

"Jika pergi ke sekolah menggunakan motor, harus memiliki SIM sebagai syarat utama mengendarai kendaraan bermotor, dan patuhi segala peraturan lalulintas di jalan raya," pesannya.

Kemudian, bagi pelajar yang pergi ke sekolah dengan berjalan kaki, agar selalu waspada dan berhati- hati, gunakan jalur penyeberangan (zebra cross) jika akan menyeberang jalan raya.

"Hal utama lain yang harus dilakukan saat menyeberang jalan adalah selalu perhatikan kendaraan yang melaju dari samping kanan maupun kiri sehingga terhindar dari kecelakaan," ujarnya.

Dikatakan, melalui sosialisasi, pelajar semakin mengetahui penting mematuhi peraturan dan tata tertib berlalu lintas demi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas.

"Harapan kami, sosialisasi ke pelajar ini semakin mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalulintas. Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan," katanya.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018