Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menyediakan lapangan kerja seluas-luasnya untuk berbagai kalangan sebagai salah satu upaya menjamin kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.


Bupati Banjar Khalilurrahman di Kota Martapura, Selasa, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui pameran dan bursa kerja untuk berbagai kalangan masyarakat.

"Bursa kerja (Job Fair) sebagai upaya menyediakan lapangan kerja bagi semua kalangan sehingga mereka mendapatkan informasi mengenai jenis pekerjaan dan perusahaannya," ujar dia.

Ia mengatakan, bursa kerja yang berlangsung 20 -21 Maret 2018 dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar bekerja sama Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar Jalan Ahmad Yani Km 37 Martapura itu diikuti 19 perusahaan baik lokal maupun nasional.

"Kami mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Disnakertrans Banjar dan Kemenaker ini karena sangat membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai," ujarnya.

Ditekankan, Pemkab Banjar menjalin hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pencari kerja termasuk menyediakan media untuk menginformasikan lowongan pekerjaan.

"Ketersediaan lapangan kerja dan penempatan tenaga kerja harus diketahui masyarakat terutama pencari kerja agar mereka mendapat pekerjaan yang sesuai keahliannya," ujar dia.

Diharapkan, setiap pencari kerja dapat memanfaatkan pameran bursa kerja ini sehingga bisa menyampaikan lamaran atas pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

"Kami doakan, pencari kerja bisa mengisi lowongan pekerjaan sesuai kualifikasi pendidikan dan keahliannya sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran," ucapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar Safrin Noor mengatakan, tujuan dan pameran bursa kerja yakni memasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

"Lowongan pekerjaan yang disediakan sesuai pengetahuan, keterampilan, bakat dan minat dengan formasi dari jenjang SMP sampai Strata 1 bahkan Strata 2. Diharapkan, bursa kerja membantu pencari kerja," ujarnya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018