Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan segera membenahi tempat pertandingan atau "venue" berbagai cabang olahraga untuk persiapan sebagai tuan rumah pekan olahraga nasional (PON) XXI tahun 2024.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarmasin Senin mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi dari tim pusat beberapa waktu lalu, Kalsel dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon tuan rumah PON XXI.

"Saya sangat bersyukur akhirnya Kalsel dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi calon tuan rumah PON 2024," katanya.

Ke depan, tambah gubernur, pemerintah akan menindaklanjuti saran dari tim verifikasi, yaitu membenahi venue maupun persyaratan lainya untuk menjadi tuan rumah PON 2024.

Sebelumnya,Ketua Tim Verifikasi PON XXI Mayjen TNI (Purn) Suwarno mengatakan, berdasarkan beberapa venue yang telah dikunjungi mulai 11 Maret 2018, Kalsel dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi calon tuan rumah PON 2024.

Menurut dia, persiapan sarana dan prasarana kalsel sudah memenuhi syarat minimal 30 persen secara kuantitas.

Suwarno mengungkapkan, di antara venue yang dikunjunginya, Sirkuit Balipat di Binuang menjadi nilai plus Kalsel, karena sudah melebihi standar untuk pelaksanaan PON.

Di sisi lain, tambah dia, Kalimantan Selatan masih mempunyai pekerjaan rumah untuk berbenah .

"Seperti fasilitas kolam renang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, masih belum rampung 100 persen, saya yakin dalam waktu setahun ke depan venue tersebut akan selesai pembangunanya," katanya.

Sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan, juga mulai bergerilya menyambangi KONI Provinsi se-Indoensia untuk menguatkan dukungan menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Ketua Harian KONI Kalsel HM Welny mengatakan, sebagian pengurus KONI Kalsel saat ini melakukan kunjungan ke KONI provinsi di seluruh Indonesia untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan keseriusan Kalsel menjadi tuan rumah penyelenggara PON XXI tahun 2024.

"Kita sudah bagi-bagi tugas untuk melakukan lobi ke KONI seluruh provinsi, kemarin ada yang sudah ke daerah Sulawesi, Yogyakarta, hari ini ada yang ke Kalimantan Tengah, terus yang lainnya," kata HM Welny.

Diungkapkan dia, sebagian KONI provinsi ada yang sudah menyatakan dukungannya terhadap Kalsel menjadi tuan rumah PON XXI nanti atau setelah PON XX tahun 2020 di Provinsi Papua.

"Misalnya KONI Jawa Tengah dan Sulawesi Tengah sudah menyatakan dukungannya terhadap Kalsel, ada beberapa provinsi lagi selain yang dua ini," paparnya.


 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018