Kotabaru,(Antaranews Kalsel) - Legislatif Kabupaten Kotabaru, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) yang difokuskan pada pembahasan terkait program-program kerja wakil rakyat 2018.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru, H Mukhni AF, Rabu mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi para wakil rakyat.

"Agenda utama dalam kegiatan ini adalah menyoroti terkait program kerja legislatif khususnya yang dijalani ke depan," kata Mukhni.

Namun demikian, lanjut dia, juga termasuk di dalamnya mengevaluasi terhadap kinerja atau capaian-capaian program pada tahun lalu (2017).

Dikatakannya, Bimtek kali ini merupakan kerja sama DPRD Kotabaru dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, yang kali ini sudah berjalan di tahun ke tiga.

Hal senada Wakil Ketua DPRD Kotabaru, M Arif menambahkan, target dan orientasi pelaksanaan Bimtek ini adalah pendalaman pengetahuan terhadap tugas, peran dan fungsi dewan bagi segenap legislatif Kotabaru.

"Selain menjalin hubungan lebih erat dan maksimal dengan unsur sektor pendidikan di daerah, pelaksanaan Bimtek yang bekerjasama dengan ULM, karena dinilai lebih mengetahui segala permasalahan Kotabaru," kata Arif.

Dengan demikian, tujuan legislatif dalam mengoptimalkan peran akademi bagi pembangunan daerah (Kabupaten Kotabaru) akan lebih maksimal.

Alasan lain pelaksanaan Bimtek di dalam provinsi adalah, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku saat ini, surat edaran Kemendagri No160/3559/SJ tentang petunjuk teknis orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD kabupaten/ kota, dijelaskan bahwa ULM Banjarmasin menjadi lembaga yang mempunyai kompetensi melaksanakan Bimtek.

Kembali Mukhni menambahkan, melalui kegiatan tersebut, diharapkan adanya hasil rumusan terhadap program kerja apa saja yang menjadi target demi tercapainya tujuan dalam pembangunan daerah khususnya melalui kebijakan yang melibatkan legislatif.

Hal ini lanjut Mukhni, sangat penting dilakukan, sebagai bentuk tanggung jawab, peran dan fungsi DPRD dalam pelaksanaan kebijakan yang tetap berpegang pada ketentuan dan perundang-undang.

Lebih lanjut politisi Partai Golkar ini menjelaskan, sama halnya kegiatan sebelumnya, pelaksanaan Bimtek kali ini menghadirkan pemateri atau narasumber dari sejumlah pihak berkompeten, diantaranya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan dari civitas akademika ULM Banjarmasin.

Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas SDM yang digelar 13-17 Maret 2018 di Banjarmasin, diikuti seluruh unsur pimpinan dan anggota DPRD Kotabaru yang berjumlah 35 orang.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018