Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan pengembangan ribuan tanaman hias dengan sistem tanam vertikal di jalan protokol S Parman.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kota Banjarmasin Mukhyar di Balaikota, Rabu mengungkapkan, penanaman tanaman hias di sepanjang jalan S Parman sistem vertikal ini direncanakan sebanyak 1.600 tanaman.

Menurut dia, penamanam tanaman hias sistem vertikal di Jalan S Parman tersebut dibantu Yayasan Inspirasi Anak Bangsa dari Samporna.

"Kita tentunya sangat berterima kasih kepada Yayasan Inspirasi Anak Bangsa yang memberikan sport atas pembangunan taman di Banjarmasin ini, sebab ini sangat luar biasanya berarti bagi pengelolaan lingkungan," papar Mukhyar.

Dia menyatakan, pengembangan taman sistem vertikal di ibu kota provinsi ini terpaksa dilakukan, sebab keterbatasan lahan.

"Kalau dihitung-hitung, hampir lima ribu lebih tanaman hias vertikal akan ada di kota ini kalau sudah diterwujud bantuan sebanyak 1.600 itu," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, dengan banyaknya taman bentuk vertikal di Kota Banjarmasin ini, rencananya pihak MURI akan memberikan apresiasinya.

"Akan ada penghargaan MURI nantinya Banjarmasin terima atas pengembangan taman vertikal ini," ujarnya.

Menurut dia, Kota Banjarmasin turus melakukan berbagai upaya untuk melakukan penghijauan dan pemenuhan taman kota, di mana lahan-lahan yang bisa dimanfaatkan akan segeranya dibuatkan taman.

Misalnya, ungkap Mukhyar, lahan kosong milik pemerintah kota di samping tempat perbelanjaan moderen Duta Mall Banjaramsin itu, diusulkan pihaknya untuk dijadikan taman.

Sebab, kata dia, Banjarmasin masih sangat minim taman kota, hingga patut lahan-lahan kosong dibuat menjadi taman yang bisa memberikan kenyamanan bagi warga.

Apalagi, kata dia, Kota Banjarmasin yang menargetkan menjadi kota Adipura Kencana pada 2018 ini, tentunya pemenuhan taman kota harus besar diwujudkan.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018