Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah tahun 2018, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani dan Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya serta Pengurus TP PKK Kota mengadakan kegiatan gotong royong kebersihan (babarasih) sampah di sekitar Sekretariat PKK Kota Banjarbaru Jalan Taman Gembira Barat Banjarbaru.


Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan bahwa Hari Peduli Sampah bisa dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R, (Reduce, Reuse dan Recycle), dalam pengelolaan sampah.

Dimana beberapa gerakan mengatasi sampah yang dicanangkan di Indonesia, di antaranya gerakan 3R dan bank sampah. Dengan adanya bank sampah itu, yang diutamakan adalah rakyat lebih peduli lingkungan, tidak lagi membuang sampah sembarangan dan mendapat manfaat dari sampah karena memiliki nilai ekonomis.

Dan di Kota Banjarbaru sampai dengan saat ini telah terbentuk ± 100 unit bank sampah yang merupakan binaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kota Banjarbaru.

Hari Peduli Sampah kini menjadi gerakan nasional. Tema yang diangkat pada hari peduli sampah 2018 adalah "sayangi bumi bersihkan dari sampah".
Harapannya, seluruh jajaran pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan komunitas, bersama melakukan pembersihan sampah dengan pola tiga bulan bersih sampah.

Hj Ririen Nadjmi Adhani  berharap para Pengurus TP PKK Kota  mengajak masyarakat sekitar tempat tinggalnya, untuk menjadi  bagian dari Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020, dengan memaknai Hari Peduli Sampah Nasional 2018, mari lakukan aksi nyata di lingkungan kita masing-masing.

Karena dengan kita peduli sampah, tidak hanya lingkungan kita yang akan tampil lebih baik namun kualitas kesehatan kita pun akan meningkat tentunya./f

Pewarta: Asmuni Kadri

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018