Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Barito Kuala, menggalakkan berbagai program kesehatan diantaranya,  senam dan cek kesehatan,  sebagai upaya mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI.


Kegiatan yang diprakarsasi  Dinas Kesehatan Batola tersebut,  melaksanakan olahraga senam bagi para lansia dan masyarakat lainnya dibuka Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor.

Ketua Panitia Pelaksana Hj Susilawaty menerangkan, tujuan kegiatan agar masyarakat membiasakan hidup sehat, bugar, dan produktif seperti dengan melakukan pergerakan fisik yang rutin dan dikerjakan setiap hari minimal dilakukan selama 30 menit.

Selain itu Germas, tambah Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Batola itu, juga dapat diiringi dengan mengkonsumsi buah dan sayur ditambah dengan pengecekan kesehatan minimal 6 bulan sekali agar dapat terhindar dari penurunan produktivitas serta mengurangi beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor mengatakan, ada tiga prilakukan yang dianjurkan dalam Germas agar bisa sehat.

Diantaranya, melakukan aktivitas fisik setiap hari dengan berolahraga, mengonsumsi buah-buahan dan sayur, serta melakukan cek kesehatan secara berkala.

Terkait kegiatan senam yang dilaksanakan, isteri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor itu mengharapkan, dapat membiasakan masyarakat rajin berolahraga di samping menggalakan kegiatan sesuai anjuran dari Germas.  

Sementara pelayanan cek kesehatan yang berisi pengukuran tensi, pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan gula darah, sebut Saras, untuk mengetahui kondisi tubuh agar bisa dilakukan pencegahan jika terindikasi gejala yang tak diinginkan.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018