Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan dipastikan siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

"Kami sudah mengkoordinasikan apa yang menjadi keinginan Pemprov Kalsel dan siap menjadi tuan rumah di Kota Banjarmasin," kata Kabag Bantuan Hukum dan HAM Pemprov Kalsel Yatimah di Banjarmasin, Minggu.

Dikatakannya, pihaknya sudah bertemu langsung dengan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjen HAM) Mualimin Abdi di Jakarta dalam rangka koordinasi dan konsultasi.

"Seluruh perwakilan pemerintah kabupaten dan kota juga hadir dengan didampingi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel sebagai koordinator," ujarnya.

Yatimah juga mengungkapkan, jika kegiatan yang dilaksanakan terkait dengan pelaksanaan Ranham dan Pelaporan Aksi HAM serta Pelaporan Kabupaten atau Kota Peduli HAM Tahun 2018 itu sudah memastikan Kota Banjarmasin siap menjadi tuan rumah peringatan Hari HAM Sedunia dan Penganugerahan Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2018.

"Pertimbangannya adalah karena seluruh kabuaten dan kota di Kalsel tahun 2017 memperoleh penghargaan Perduli HAM," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi di Banjarmasin, menyatakan mendukung apa yang menjadi keinginan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan khususnya Pemerintah Kota Banjarmasin.

"Kita telah mendapatkan usulannya, segera kita tindak lanjuti dan kesiapan dari Pemerintah Kota Banjarmasin akan kita laporkan lebih lanjut ke pusat," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018