Kandangan, (Antaranews Kalsel)- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan kerja sama dengan Bank Kalsel Cabang Kandangan dan PT Taspen Banjarmasin, menggelar gathering dan silaturrahmi dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki masa purna tugas.

Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan Andhy Andhriyawan, di Kandangan, Selasa (13/2), mengatakan kegiatan ini dalam upaya mempermudah ASN  mengurus Tabungan Pensiun (Taspen).

"Sasarannya untuk ASN yang memasuki masa pensiun pada 2018 ini, Bank Kalsel Cabang Kandangan bersama PT Taspen Cabang Banjarmasin, memfasilitasi pengurusan Taspen,"katanya.

Dijelaskan dia, fasilitas diberikan untuk mempermudah ASN yang pensiun, sehingga tidak repot lagi mengurus tabung pensiun ke PT Taspen, tidak lagi mengurus sendiri tabungan pensiuan ke PT Taspen.

ASN yang pensiun hanya melengkapi data yang diperlukan, dan diserahkan kepada Bank Kalsel di Kandangan, dan setelah bekas lengkap, nanti yang mengurus Taspennya pihak Bank Kalsel.

Namum sebelumnya, ASN yang purna tugas, terlebih dahulu harus  membuka rekening di Bank Kalsel, sehingga uang pensiunnya nanti bisa ditransfer ke rekening tersebut.

Selain memfasilitasi pengurusan Taspen, pihak dia memberikan pula pelayanan kepada ASN yang purna tugas, jika ingin membuka dan mengembangkan usaha, melalui program kredit multi guna terusan dan kredit usaha wirausaha.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pendidikan dan Pelatihan (Dikat) HSS, Zulkifli, mengatakan tahun 2018 ini ada 173 PNS di lingkungan Pemkab HSS yang akan memasuki masa pensiun, namun ini belum termasuk kemungkinan adanya PNS yang nantinya mengajukan pensiun dini.

Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan agar nantinya  kepada ASN yang purna tugas, uang pensiun jangan cepat-cepat diambil.

 “Pikirkan matang-matang, jangan uang pensiun langsung diambil, sehingga bisa bermanfaat bagi masa pensiun,”katanya, saat memberikan sambutan, di Gedung Pramuka, Kandangan, Selasa (13/2) pagi.

Ditambahkan dia, Taspen nanti bisa digunakan untuk modal usaha, sehingga ASN purna tugar tidak mengganggur dirumah, dan masih bisa produktif. 

Dan jika modal usaha kurang, pihak Bank Kalsel bisa memberikan fasilitas pinjaman, untuk membuka dan mengembangkan usaha.

Turut hadir, Pimpinan PT Taspen Banjarmasin M Darwis Djafar, jajaran BKD dan Diklat HSS, para ASN yang akan memasuki purna tugas tahun 2018, serta jajaran Bank Kalsel Cabang Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018