Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional pada Senin (16/4), siswa-siswi di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melakukan sholat hajat dan do'a bersama untuk memantapkan kesiapan mental.

Kepala Dinas Pendidikan setempat, Eddy Yulianto di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan pada Kamis (12/4) malam di Aula Mahligai Mayang Maurai di Komplek Garuda Maharam.

 "Melalui kegiatan tersebut, kita harapkan dapat memantapkan kesiapan mental para siswa-siswi menghadapi UN pada Senin mendatang," ujarnya.

Pelaksanaan UN cukup mempengaruhi kejiwaan para siswa terkait kesiapan mereka sehingga perlu adanya media untuk menenangkannya. Selain itu, ujarnya, sholat hajat dan do'a bersama juga dilakukan untuk memohon dan meminta kepada Tuhan agar pelaksanaan UN nantinya berjalan dengan lancar.

"UN merupakan satu tahapan menentukan dan berpengaruh besar terhadap kelangsungan pendidikan anak-anak serta berdampak pada kelangsungan pembangunan daerah ke depan," katanya.

Karena itulah, pelaksanaan UN membutuhkan konsentrasi dan kesungguhan dari para siswa agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Ditambahkannya, untuk memperoleh hasil UN seperti yang diharapkan membutuhkan usaha dan kerja keras yang memerlukan waktu. "Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Proses tahapan UN sejak mulai persiapan bisa dijadikan pelajaran bahwa untuk menjadi sukses itu tidak mudah, butuh perjuangan dan pengorbanan," tambahnya.

Pemerintah daerah sendiri menyadari arti penting pendidikan bagi masyarakat sehingga menempatkan hal tersebut sebagai prioritas utama pembangunan daerah.

Eddy berharap, pada pelaksanaan UN kali ini para siswa-siswi Balangan mampu memberikan yang terbaik bagi mereka sendiri, orang tua dan daerah./adi/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012