Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 16 partai politik calon peserta pemilihan umum legislatif 2019 dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan lolos verifikasi baik administrasi maupun faktual.

"Kami sudah menyampaikan 16 parpol lolos verifikasi administrasi dan faktual, tetapi kelolosan masih di tingkat Kota Banjarbaru," ujar komisioner KPU Kota Banjarbaru Fasih Wibowo, Jumat.

Menurut Pengarah Pokja Pendaftaran Parpol KPU Banjarbaru itu, pihaknya sudah menyampaikan salinan berita acara verifikasi faktual yang dilakukan KPU kepada parpol, Jumat pagi.

Disebutkan, kegiatan dilaksanakan di Aula KPU Jalan Trikora Banjarbaru yang dihadiri penghubung parpol dan unsur Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan komisioner KPU setempat.

"Seluruh perwakilan atau penghubung partai politik hadir termasuk pengurus Panwaslu sebagai unsur yang diundang untuk menyaksikan penyerahan salinan berita acara," ungkapnya.

Dikatakan komisioner KPU Banjarbaru dua periode itu, 16 parpol yang lolos verifikasi terdiri dari 12 partai lama dan empat partai baru yakni PSI, Perindo, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

"Dua partai baru yakni PSI dan Perindo sudah lebih dulu dinyatakan lolos baik verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual, dan Partai Berkarya juga Garuda baru saja diverifikasi," ucapnya.

Dijelaskan, lolosnya 16 partai politik itu baru ditingkat Kota Banjarbaru dan mereka akan menjalani proses kembali di tingkat KPU Kalsel hingga ditetapkan KPU pusat sebagai partai peserta pemilu.

"Tahapan saat ini, 16 parpol itu lolos di tingkat KPU Banjarbaru dan sesuai proses akan dilanjutkan tingkat KPU Kalsel dan KPU pusat yang akan memutuskan jadi tidak peserta pemilu," ujar dia.

Dikatakan, selama verifikasi faktual berlangsung tidak ada kendala berarti dan anggota KPU dibantu pegawai dari sekretariat turun langsung mengecek kelengkapan persyaratan.

"Kami menurunkan lima tim yang turun langsung mendatangi sekretariat parpol, mengecek alamat kantor hingga persyaratan lainnya dan seluruh proses berjalan lancar," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018