Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng PT Adaro Indonesia dan mitra kerjanya untuk program pengembangan keterampilan bagi para pencari kerja di wilayah itu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Latikan Kerja Kabupaten Tabalong Suhartojo di Tanjung, Kamis, mengatakan bahwa banyak pilihan bagi masyarakat tentang bentuk keterampilan yang tersedia, mulai keterampilan bengkel otomotif hingga instalasi pendingin ruangan (AC).

"Untuk pelatihan ini kita bekerja sama melalui program CSR PT Adaro Indonesia untuk menciptakan tenaga kerja terampil," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa program pelatihan keterampilan yang diikuti para peserta dengan menggunakan dana program tanggung jawab sosial perusahaan itu berupa keterampilan bengkel motor dan instalasi AC.

Hal itu, kata dia, guna memenuhi kebutuhan kualifikasi lapangan kerja yang tersedia, terutama di daerah setempat dan sekitarnya.

Sejumlah mitra kerja PT Adaro Indonesia juga turut berpartisipasi

dalam program pengembangan keterampilan di UPT BLK Kabupaten Tabalong tersebut.

Sejumlah mitra kerja itu, di antaranya PT Saptaindera Sejati (SIS), PT Bukit Makmur Sentosa, dan PT Pama Persada Nusantara.

Ia menjelaskan bahwa prioritas pelatihan keterampilan kepada para pencari kerja itu di wilayah operasional Adaro di daerah setempat.

"Pelatihan keterampilan itu bisa menekan angka pengangguran di Kabupaten Tabalong dan Balangan," katanya.

Mitra kerja Adaro itu juga telah menggelontorkan dana sekitar Rp350 juta untuk wilayah Tabalong maupun Balangan.

Pelatihan keterampilan dimulai 11 Desember 2017 dengan melibatkan 32 peserta didik dari sekitar wilayah operasional Adaro.

"Usai pelatihan peserta mendapat modal awal sebesar Rp1 juta per orangnya," kata staf humas PT Adaro Indonesia Isratul Ihsan. 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018