Rantau, (Antarannews Kalsel) - Selama bulan Januari 2018, Kabupaten Tapin mampu panen bawang merah dengan luas tanam 96 hektare di empat kecamatan dengan total berat 644,14 ton.

Ditemui saat panen perdana bawang merah di Kecamatan Binuang, Kamis (25/1), Sekertaris Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Wagimin, mengatakan, untuk Januari ini Tapin mampu memanen 644,14 ton bawang merah di Kecamatan Binuang, Kecamatan Salam Babaris, Kecamatan Hatungun, dan Kecamatan Piani dengan total luas tanam 96 Ha.

"Total luas tanam di empat kecamatan yakni 96 Ha dan untuk varietas yang di panen hari ini yakni varietas bawang merah Batu Hijau," ujar Wagimin.
Petani bawang merah memanen hasil pertaniannya. (M Husein Asyari) (M Husein Asyari)

Dijelaskan Wagimin, untuk panen bawang merah di Kecamatan Piani luas tanam 3 Ha, dan mampu menghasilkan 10,2 ton perhektarenya. 

Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat menghadiri penen perdana bawang merah di Kecamatan Binuang mengatakan, bahwa bawang merah yang panen hari ini jenis bawang dengan kualitas ekspor. 

"Ini bawang dengan kualitas ekspor, satu bongkah bawang bisa mencapai berat 1 Ons dengan rata-rata 6 biji,"kata Bupati. 

Dikatakan Bupati, dengan keberhasilan tersebut, tentunya sangat membanggakan bagi Pemkab Tapin, dan tentunya akan terus dilakukan pengembangan dikarenakan mampu memberikan keuntungan yang besar bagi petaninya.

Petani bawang merah saat menjemur bawang merah hasil pertaniannya. (M Husein Asyari) (M Husein Asyari)

"Cukup membanggakan, karena disaat musim hujan sekarang ini, petani bawang merah Tapin mampu memanen bawangnya yang bisa digunakan untuk konsumsi dan juga sebagai bibit," ujar Bupati lagi.

Ditambahkannya, bahwa pertanian bawang merah Tapin sudah menjadi pemasok dan penyedia di pasar lokal, provinsi, bahkan pasar ekspor.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018