Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) wilayah Kalimantan Selatan menambah 554 orang personel untuk untuk ditempatkan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan kantor keimigrasian di Kalimantan Selatan.


Kepala Kanwil Kemenkumham Imam Suyudi di Banjarmasin Selasa mengatakan, saat ini hampir seluruh LP di Kalsel mengalami kelebihan kapasitas atau daya tampung. Seiring dengan kelebihan daya tampung tersebut, maka hampir seluruh LP di provinsi ini juga kekurangan pengawas.

Idealnya, satu orang petugas mengawasi 20 orang tahanan, tetapi saat ini yang terjadi, sebagian besar petugas LP di Kalsel, satu orang harus mengawasi lebih dari 100 tahanan.

"Seperti di Kabupaten Kotabaru, jumlah tahanannya mencapai 1.200 orang, tetapi petugas pengawasnya hanya 32 orang, artinya satu orang petugas mengawasi 200 tahanan," katanya.

Dengan adanya penambahan tersebut, tambah dia, diharapkan akan mengurangi beban petugas-petugas lain, yang kini sudah bekerja.

"Melalui penambahan tersebut, sudah mendekati ideal, semoga pengawasan dan pengamanan di LP berjalan lebih baik lagi," katanya.

Imam mengungkapkan, pengamanan dan pengawasan juga disesuaikan dengan kondisi bangunan LP, termasuk jumlah pos yang harus dijaga.

Seperti di salah satu LP ada yang memiliki pos pantau 4 pos ada juga enam pos di bagian atas. Idealnya, seluruh pos tersebut dijaga oleh petugas.

Namun karena keterbatasan personel, maka pos tersebut diisi dengan cara bergantian atau silang, menyesuaikan dengan jumlah personel yang ada.

Sebelumnya, pada Senin (22/1) Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi menyapaikan, seleksi CPNS Kemenkumham dilaksanakan dengan kompetitif, transparan dan akuntabel yang menggunakan sistem teknologi informasi.

Pada seleksi tersebut, terdapat 11.644 pendaftar online dengan kualifikasi SMA/ Sederajat dan yang mengirimkan surat lamaran sebanyak 9.806 berkas.

Dari jumlah tersebut, yang lulus administrasi 7.416 pelamar dan dinyatakan lulus verifikasi dokumen asli 5.704 pelamar dilanjutkan Seleksi Kompentensi Dasar (SKD) sebanyak 1.557 peserta.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan 1.487 peserta dan Pengamatan Fisik/Keterampilan 1.443 peserta dan akhirnya yang dinyatakan lulus sebagai CPNS Kemenkumham Kalsel sebanyak 519 orang untuk kualifikasi SMU/Sederajat dan 35 orang untuk dokter, dokter spesialis dan sarjana sederajat.

Seluruh CPNS tersebut, akan disebar dan ditempatkan di seluruh LP dan di kantor keimigrasian, sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018