Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Taman Edukasi Banua yang di dalamnya terdapat taman lalu lintas menjadi wadah untuk mengajarkan anak-anak agar tertib di jalan raya sejak usia Dini. 

"Kami yakin, dengan adanya wadah praktik langsung di lapangan seperti taman edukasi lalu lintas ini, anak-anak lebih cepat paham dan bisa mencernanya dengan baik," kata Kasubdit Dikyasa Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi di Banjarmasin, Senin.

Nina mengakui, terwujudnya taman edukasi lalu lintas yang representatif dalam areal Taman Edukasi Banua tersebut tentu disambut gembira banyak pihak. 

Apalagi bagi jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel yang bisa memberikan materi-materi tentang tertib berlalu lintas dan etika di jalan raya secara langsung dengan praktiknya kepada anak usia dini.

"Taman lalu lintas ini memang dikhususkan bagi anak usia dini dari playgroup, Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar kelas rendah, yakni kelas 1 dan 2, karena konsepnya belajar sambil bermain," jelas Nina kepada Kantor Berita Antara.

Di dalam Taman Edukasi Banua juga terdapat Rumah Polisi Sahabat Anak (PSA) yang berisi beragam pengetahuan tentang berlalu lintas di jalan raya seperti rambu-rambu, marka hingga beragam alat peraga lainnya untuk anak belajar. 

Rumah PSA juga sekaligus dijadikan "homebase" bagi Polisi Cilik Banua yang dilatih gerakan seni baris berbaris dan kerap tampil menunjukkan atraksinya dalam setiap event untuk menghibur penonton.

Namun warga sepertinya harus bersabar dulu karena Taman Edukasi Banua yang terdapat banyak sarana bermain sekaligus belajar itu masih belum dibuka secara umum.

"Untuk sementara hanya melayani masyarakat terorganisir saja seperti sekolah dan sebagainya, jadi kalau pihak sekolah mau membawa siswanya silahkan bersurat ke Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel," ujar Nina.

Sedangkan masyarakat umum atau perorangan, ungkap Nina, masih menunggu aturan dari Pemprov Kalsel dalam hal ini Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel sebagai pengelola Taman Edukasi Banua yang baru saja diresmikan oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Sabtu (20/1) lalu bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Raudatul Jannah dan turut dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018