Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dalam sambutanya saat pengukuhan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kotabaru dan Pembinaan pasca haji tahun 2017, bahwa IPHI hakikatnya adalah wahana penghimpun potensi para haji Indonesia dan wadah untuk menyerap dan menyalurkan aspirasi umat.
     
Sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan, IPHI dapat berperan serta dalam menyukseskan program pembangunan bangsa, serta sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah islamiyah sesama umat.
     
Oleh karena itu dengan jumlah anggota IPHI yang cukup banyak, merupakan potensi yang sangat besar untuk mendukung program-program keagamaan di Kabupaten Kotabaru.

Diantaranya, seperti mengimarahkan masjid, menghidupkan majlis taklim serta melakukan pembinaan keagamaan terhadap masyarakat.
     
"Saya mengucapkan selamat kepada pengurus IPHI Kabupaten Kotabaru yang baru," katanya.
     
Tanggung jawab telah ada dipundak saudara, maju tidaknya IPHI Kabupaten Kotabaru tergantung pada pengurus IPHI yang baru saja dilantik.
     
Untuk itulah melalui momen yang baik tersebut, bupati mengajak pengurus IPHI Kabupaten Kotabaru yang baru untuk terus memberi kontribusi, saran dan dukungan demi kemajuan daerah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, berkualitas dan agamis.

Karena untuk meraih cita-cita tersebut tentu perlu dukungan dari semua pihak yang sangat dibutuhkan terutama dalam hal ini dari IPHI Kabupaten Kotabaru.
     
"Selain itu mengingat IPHI adalah orang-orang yang sudah melaksanakan ibadah haji, maka saya berharap IPHI dapat menjadi perekat silaturrahmi, menjaga persatuan dan kesatuan ummat serta menjadi suri tauladan untuk kehidupan di masyarakat," katanya.
     
Terkait dengan pembinaan pasca haji tahun 2017 yang dilaksanakan, bupati berharap IPHI Kabupaten Kotabaru dapat semakin memperkokoh perannya sebagai wahana kontribusi para haji dan hajah dalam upaya pemberdayaan umat di bidang ekonomi, sosial, dan keagamaan.
     
Upaya tersebut tentu sejalan dengan misi IPHI yaitu memberdayakan para haji dalam melestarikan kemabruran hajinya demi menggapai makna spiritual haji sepanjang hayat.
     
Peran dan fungsi IPHI dalam memberikan pembinaan jamaah pasca haji ini seperti ini sangat diharapkan karena dengan wadah iphi inilah para jamaah yang sudah menunaikan ibadah haji bisa berkiprah dan memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat.
     
Mudah-mudahan IPHI kedepannya bisa terus berperan aktif membantu pemerintah dalam pembangunan, khususnya di bidang sosial keagamaan di Kabupaten Kotabaru yang kita cintai bersama ini.

Pewarta: Humas/shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017