Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut kembali menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk 15 kelompok tani di Kecamatan Bati-Bati, di Desa Bentok Darat,  Jumat (8/12).

“Bantuan Alsintan yang dierahkan Pemkab Tanah Laut tersebut berupa, hand tracktor,  power treasher,  corn seller,  alat tanam jagung,  cultivator dan pompa air,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Mustahdi, di Pelaihari.

Menurut dia, selaian bantuan Alsintan, Pemkab Tanah Laut juga menyerahkan hadiah untuk petani, kelompok tani,  kelompok wanita tani,  gapoktan,  penyuluh PNS,  penyuluh swadaya,  penyukhh THL-TBPP dan BP3K berprestasi tahun 2017.

Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengatakan, penyerahan bantuan tersebut salah satu upaya meningkatkan hasil pertanian dan mewujudkan swasembada pangan melalui pemutakhiran alat alat pertanian.  

“Dengan alat  pertanian yang lebih modern diharapkan masyarakat jadi lebih mudah dalam bertani,  sehingga pada akhirnya akan meningkatkan hasil pertanian dan mensejahterakan para petani,” ujarnya.

Bantuan diberikan itu, lanjut dia, salah satunya karena Kabupaten Tanah Laut  dianggap berhasil dan peduli terhadap penanggulangan bencana daerah.

“Kepada para penyuluh,   Pemkab Tanah Laut  mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerja kerasnya dalam usaha meningkatkan kualitas dan kuantitas di bidang pertanian,” ujarnya.

Kemudian, terang dia,  atas prestasi bidang pertanian itu pemkab sangat  mengapresiasi dengan memberikan hadiah kepada  para penyuluh berprestasi.  

“Semoga hadiah ini mampu memberikan bersemangat dalam membantu para petani di Tanah Laut,” tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017