Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry menghadiri dan menyerahkan Bantuan Sosial Program Rumah Sejahtera Kabupaten setempat periode 2017.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) HSS Hj Siti Erma, di Kandangan, Senin mengatakan, bantuan sosial Program Rumah Sejahtera yang diberikan kali ini bersumber dari anggaran perubahan tahun 2017.

"Para penerima dari 11 Kecamatan seluruhnya berjumlah 299 orang, dan masing-masing memperoleh sebesar Rp13.908.000,"katanya.

Dijelaskan dia, target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS untuk renovasi Rumah Sejahtera mulai tahun 2014-2017, sebanyak 5.052 unit.

Namun hingga saat ini, dari data yang ada serta dana yang sudah dikucurkan untuk renovasi 5.331 unit rumah melebihi target yang ada.

Dilaporkan dia, tahun 2017 ini, Pemkab HSS menyediakan dana untuk 1.000 unit rumah, namun hanya bisa dikucurkan untuk 762 unit.

Hal tersebut dikarenakan, ada sebagian rumah-rumah yang terdata tapi tidak memenuhi beberapa syarat administrasi, seperti akta tanah, maupun kesesuaian data penduduk di lapangan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, uang yang ada di buku tabungan masing-masing yang sudah diberikan, agar para penerima segera mempergunakan untuk memperbaiki rumah mereka.

"Ditahap pertama dana yang dikucurkan Rp7 juta, untuk pembelian bahan membangun rumah, dan dalam merenovasi rumah juga harus ada perbaikan atau pembangunan toilet di rumah,"katanya.

Ia mengajak, masyarakat yang hadir agar mau bangkit dan berusaha, untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan masing-masing

Serta jangan hanya berharap bantuan pemerintah, karena bantuan itu sifatnya sementara dan masyarakat harus selalu bersyukur atas apa yang telah diterima.

Turut hadir, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) HSS H. Muhammad Noor, Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), para Samping Desa dan masyarakat penerima bantuan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017