Pelaihari,(Antaranews Kalsel) - Tiga Kabupaten di Kalimantan Selatan mengikuti Pawai Budaya dan Fashion Carnaval digelar Dinas Pariwisata  Tanah Laut dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-52 Kabupaten Tanah Laut. 
     
"Tiga kabupaten yang menikuti Pawai Budaya dan Karnaval 2017 adalah, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin," ujar Kepala Dinas Pariwisata Tanah Laut H Ahmad Hairin, di Pelaihari, Minggu (3/12).
     
Menurut dia, Pawai Budaya dan Fashion Carnaval kali ini mengangkat  tema Pesona Budaya Nusantara.
      
Dari tiga kabupaten yang ikut berpartisipasi tersebut, jelas dia, ada  29 komunitas dan sanggar seni budaya dengan total  peserta sebanyak 582 orang,  berasal dari berbagai suku dan agama. 
     
Untuk  peserta berasal dari Kabupaten Banjar, sebut dia,  menampilkan kesenian Sinoman Hadrah dan Kabupaten Tapin mengikuti Fashion Carnaval.
     
Khusus Fashion Carnaval, ungkap dia,  diikuti sebanyak 27 peserta  dengan menampilkan pakaian kreasi masing-masing. 
    
Lebih lanjut dia mengemukakan, bagi peserta Pawai Budaya dan Fashoin Carnaval akan mendapatkan hadiah dari Dinas Pariwisata Tanah Laut.
    
Untuk  juara pertama  Fashion Carnaval, ungkap dia, mendapatkan tropi, uang pembinaan senilai Rp  4 juta,  juara kedua  mendapatkan tropi, uang pembinaan senilai Rp 3,5 juta dan juara ketiga  mendapatkan tropi, uang pembinaan sebesar Rp 3 juta. 
     
Sedangkan untuk juara pertama Pawai Budaya, terang dia,  mendapatkan tropi,  uang pembinaan sebesar Rp 6 juta,  juara kedua mendapatkan tropi,  uang pembinaan senilai Rp 5 juta dan juara ketiga mendapatkan tropi, uang pembinaan sebesar Rp 4,5 juta.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017