Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan menyambut baik atas beroperasinya kas keliling Bank Indonesia ke kepulauan di "Bumi Saijaan" Kotabaru.

"Pengoperasian kas keliling BI ke kepulauan ini merupakan hasil kerja sama BI dan TNI AL di Kabupaten Kotabaru," kata Bupati Kotabaru H Sayed Jafar di Kotabaru, Selasa.

Dikatakan bupati, seperti yang diketahui bersama bahwa Kotabaru adalah kabupaten terluas di Provinsi Kalimantan Selatan dengan luas wilayah mencapai 9.422,46 Km2.

"Selain sebagai kabupaten terluas, Kabupaten Kotabaru juga merupakan kabupaten yang memiliki banyak pulau dimana jumlah pulau yang ada di kabupaten kotabaru berjumlah sekitar 140 buah," katanya.

Kondisi geografis ini merupakan tantangan bagi pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam upaya melaksanakan pembangunan, termasuk bagi masyarakat yang berada di pulau-pulau tersebut, khususnya pulau-pulau kecil.

Tentu dalam hal ini telah banyak kemajuan yang dicapai dalam pembangunan di daerah kepulauan, namun kita sadari masih ada kendala yang dihadapi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau tersebut.

Salah satu kendalanya adalah masyarakat masih terkendala sulit atau jauhnya akses pergi ke bank untuk melakukan transaksi keuangan atau penukaran uang.

"Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerjasama BI dan TNI AL yang melaksanakan kegiatan kas keliling dimana kegiatan ini adalah untuk memberikan pelayanan penukaran uang kepada masyarakat yang berada di pulau-pulau yang jauh dari pusat kota," jelasnya.

Menurut dia, bagi pemerintah Kabupaten Kotabaru sendiri, apa yang dilakukan oleh BI dan TNI AL ini tentunya akan semakin menambah motivasi kami untuk mempercepat pembangunan daerah dan khususnya pemerataan pembangunan sehingga pembangunan yang dilaksanakan tersebut dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Saya mengajak BI dan TNI AL untuk terus meningkatkan kerjasama dan sinergisitas dengan pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam rangka mensukseskan pembangunan di Kotabaru karena pembangunan tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari seluruh pihak terkait," harapnya.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru akan terus mendukung kegiatan kas keliling ini dan mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi di pulau-pulau lain dan rutin dilaksanakan khususnya saat menjelang hari besar keagamaan seperti hari raya idul fitri.

Semoga dengan kegiatan kas keliling ini dapat menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di pulau-pulau serta diharapkan pula mampu mendorong peningkatan daya beli masyarakat yang pada gilirannya akan semakin menggerakkan roda perekonomian masyarakat di daerah.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017