Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sebagai corongnya pencitraan dan pemberitaan Kepala Daerah serta pembangunan justru kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kemampuan menulis.


Kepala Bagian Humas Setda M Ramadlan saat Rapat Koordinasi peningkatan informasi pemberitaan hasil pembangunan Kabupaten HST di media cetak atau online di Auditorium Pemkab HST, Selasa menyampaikan tidak bisa sepenuhnya mengkoordinir berita pembangunan setiap SOPD karena kurangnya SDM tenaga rilis.

"Dari keterbatasan tersebut berita-berita pembangunan atau program-program yang bagus dan menarik di SOPD tidak terpublikasi karena hanya mampu meliput kegiatan-kegiatan yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati," katanya.

Dia meminta agar para SOPD dapat saling berkoordinasi dengan Bagian Humas maupun Kominfo untuk menginformasikan kegiatannya  agar bisa dipublikasikan di media cetak maupun online yang telah kerjasama dengan Pemkab.

"Kalau di SOPD ada kendala tidak adanya sumber daya yang bisa menulis juga bisa minimal mengirim rilis dan fotonya yang nantinya biar dari kami yang membuat beritanya," tambahnya.

Asisten Bidang Pemerintahan H Ainur Rafiq juga menambahkan saat ini berita-berita pembangunan di HST memang sangat kurang dipublikasikan karena hanya bertumpu kepada pemberitaan dari Humas yang sumber dayanya masih kurang.

"Informasi yang disampaikan sekarang hanya pada sektor-sektor tertentu seperti yang hanya dihadiri oleh Bupati atau Wakil sehingga ada sektor lain yang menarik lepas dan tidak terpublikasi," katanya.

Menurutnya seperti contoh kedatangan Gubernur dan Program PTSL masih banyak masyarakat yang kurang tahu dan tidak sampai ke warga-warga Kecamatan.

"Seharusnya jika kegiatan yang berkaitan dengan pertanian lending sektornya harus Dinas Pertanian yang lebih giat mempublikasikan, begitu juga terkait kesehatan dan pendidikan serta Dinas-dinas lain," kata Asisten.

Menurut perwakilan Dinas Kominfo Asep Saputra menyampaikan terkait publikasi saat ini media yang dikelolanya ada Tiga jenis yaitu media online dengan website hulusungaitengahkab.go.id, media luar ruang yaitu vediotron dan media siaran yaitu radio suara murakata.

"Tahun 2017 ini memang tahap pembenahan dan belum maksimal karena memang SDM di lapangan dan kontributor juga tidak ada jadi belum bisa menginformasikan secara uptodate," katanya.

Pada Bagian Humas Setda HST sekarang ini tidak ada lagi tenaga kontrak dan yang ada hanya PNS sebanyak Tujuh orang yang terdiri dari Satu orang Kepala bagian, Dua orang Kepala Sub Bagian, Satu orang bendahara dan Tiga orang staf yang biasa turun ke lapangan memfoto.

Oleh sebab itu terkadang terkendala jika dalam satu hari itu ada Dua sampai Tiga kegiatan terpaksa memilih salah satu kegiatan Pemerintahan yang lebih penting.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017