Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan mempresentasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten HSS dihadapan pejabat dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Sekretaris Daerah Kabupaten HM Ideham, di Jakarta, Kamis (16/11), mengatakan, Nilai SAKIP Kabupaten HSS Tahun 2016 meningkat 5,12 point dari 60,32 menjadi 65,43 (kategori B), dan Pemkab HSS berupaya meningkatkan penilaian dengan penerapan lima strategi.

"Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan nilai SAKIP dari kategori B menjadi kategori BB, dan kami dari Pemkab HSS mengucapkan terima kasih kepada jajaran KemenPAN-RB yang selama ini telah mendampingi Pemkab HSS dalam penyusunan SAKIP ini,"katanya.

Dijelaskan dia, strategi tersebut yakni, memperkuat komitmen pimpinan, penguatan soliditas tim fasilitasi SAKIP dan pendampingan dari Tim KemenPAN-RB, Penguatan kapasitas dan kesungguhan SKPD, menerapkan SAKIP secara elektronik (e-Lakip) dan Strategi "Terbukti Maju".

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS Hendro Martono, mengatakan, dalam dua sesi presentasi yang disampaikan bertempat dua tempat yang berbeda, yaitu di Aula Hotel Grandhika Iskandarsyah, Jakarta, Kamis (16/11), dan sesi kedua disampaikan di Aula Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (18/11).

Sesi pertama Presentasi oleh Sekda HSS yang mewakili Bupati HSS H Achmad Fikry, menyampaikan SAKIP Kabupaten HSS dihadapan para pejabat dari Kementerian PAN-RB.

Menurut dia, Sekda HSS memaparkan strategi manajemen perubahan kinerja Pemkab HSS, di mana Bupati HSS sering menekankan kepada jajarannya agar tidak hanya berorientasi Output dalam melaksanakan program dan kegiatan.

"Kinerja pemerintahan hendaknya sampai kepada outcome dan impact yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat, jadi setiap rupiah yang dikeluarkan hendaknya harus dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat HSS,"katanya.

Selain itu, dijelaskan dia pada sessi kedua, Pemkab HSS mendapat masukan dan arahan dari Fungsional Analis Akuntabilitas Kementerian PAN-RB dengan sistem Desk.

Turut berhadir, Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Didit Noordiatmoko, dan Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur, Ananda Juarsa, para kepala SKPD dan jajaran di lingkungan Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017