Pemerintah Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan, menargetkan semua bidan memiliki tingkat pendidikannya D3, ujar Bupati setempat, Sefek Effendie.


"Untuk itulah, pemerintah daerah setempat melakukan langkah-langkah dan program dalam upaya meningkatkan pendidikan bidan," ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Senin.

Peningkatan pendidikan bidan diyakini akan berdampak pada meningkatnya mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama di pedesaan dan pelosok.

Ia mengatakan, salah satu program yang telah dijalankan oleh pemerintah daerah setempat untuk peningkatan pendidikan bidan adalah dengan membuka program D3 Kebidanan.

"Program D3 Kebidanan dilaksanakan bekerja sama dengan Poli Teknik Kesehatan (Poltekes) Banjarmasin dan diperuntukkan bagi bidan yang tingkat pendidikannya masih D1," katanya.

Kouta perkuliahan Program D3 Kebidanan yang dilaksanakan untuk 60 orang bidan namun saat ini yang aktif mengikuti perkuliahan baru 45 orang.

Perkuliahan dilaksanakan di Lantai II Gedung Rumah Sakit Umum Daerah Balangan dengan mendatangkan dosen pengajar dari Poltekes Banjarmasin.

Selain itu ujarnya, sejak 2008 lalu telah diberikan beasiswa dengan jumlah penerima hingga saat ini sebanyak 41 orang bidan untuk di sekolahkan di Akademi Kebidanan dan Keperawatan Banjarmasin.

"Program-program tersebut menggunakan dana APBD dan ada juga yang merupakan bantuan dari pihak swasta dalam hal ini melalui program CSR PT Adaro Indonesia," tambahnya.

Untuk program beasiswa yang berasal dari CSR PT Adaro Indonesia, terdapat tujuh orang bidan yang disekolahkan di Akademi Kebidanan dan Keperawatan Banjarmasin.

Program pemberian beasiswa oleh PT Adaro Indonesia dilakukan sejak 2010 lalu untuk mendukung pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah daerah setempat.

Melalui berbagai upaya dan program yang telah dijalankan, diharapkan hingga akhir 2012 ini semua bidan di Balangan memiliki pendidikan minimal D3.

"Sehingga dengan begitu, bidan yang ada akan memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dan pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan," demikian Sefek Effendie./nadi/D

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012