Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) Noormiliyani dan Rahmadian Noor masa bakti 2017-2022 di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu.

"Pada pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Batola hari ini, saya sangat mengapresiasi masyarakat Batola yang telah mensukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati secara serentak 2016," ujar Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Menurut dia, suksesnya pemilihan kepala daerah berjalan tertib, aman dan lancar merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Barito Kuala.

Suasana yang kondusif itu, sebut dia, terus dipertahankan demi kelancaran penyelenggaran pemerintah dan pembangunan.

Dalam kehidupan berdemokrasi, jelas dia, merupakan tugas yang tidak mudah, demokrasi tidak hanya dilihat dari prosedur tetapi sebagai seperangkat nilai yang menentukan bentuk dan berjalannya pemerintahan untuk rakyat.

Pelantikan tersebut, ungkap dia, harus dimaknai sebagai bagian penting dari proses berdemokrasi tersebut.

Mulai dari saat pelantikan, terang dia, tugas dan tanggungjawab sebagai kepala daerah sudah dimulai dan kewajiban memimpin Barito Kuala selama lima tahun kedepan merupakan tugas tidak mudah.

Sebagai kepala daerah, tegas dia, harus memegang prinsip harus bekerja keras, mengupayakan kesejahteraan masyarakat di daerah yang dipimpin.

Gubernur berkeyakinan, jika kepala daerah memegang prinsip tersebut, maka akan mendapatkan kepercayaan dan dukungan sepenuhnya dari masyarakat Barito Kuala.

Dalam menjalankan tugas pemerintahan , ucap dia, kepala daerah wajib mendukung langkah-langkah pemerintah pusat, sebab berdasarkan undang-undang kepala daerah wajib menjalankan garis kebijakan dan program pemerintah pusat.

Namun disisi lain, lanjut dia, sebagai kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat didaerahnya, setiap kepala daerah bertugas dan berberkewajiban untuk menjalankan pemerintahannya sesuai aspirasi dan kebutuhan rakyat.

Terpisah, Bupati Batola Noormilyani mengungkapkan, prioritas program pembangunan tahun pertama pemerintahannya adalah membangun desa dan menata kota.

"Membangunan desa ada beberapa langkah dan menata kota ada beberapa langkah dan konkritnya adalah bedah kampung plus," demikian tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017