Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan siap mendukung mempromosikan wisata sungai Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ke tingkat internasional.

Hal ini disampaikan Diplomat Muda Kemenlu Ari Poluzzi saat melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Banjarmasin di Balaikota, Selasa.

"Kami sengaja mengunjungi kota ini untuk menggali dan memberikan dorongan terhadap pariwisatanya untuk kemudian dipromosikan kesemua negara," ujar Ari yang ditemani empat perwakilan Deplomat Muda Kemenlu lainnya.

Dia menilai, kota Banjarmasin yang merupakan kota perdagangan dan jasa atau disebut juga sebagai pintu gerbang Kalimantan, memiliki pula potensi besar di kepariwisataan, hingga layak dijual keluar negeri.

Yakni, ungkap Ari, khazanah yang dimiliki adalah keunikan alamnya, yakni, sebagai kota sungai, di mana peradaban dan kebudayaan masyarakat bercampur didalamnya.

"Potensi wisata alam sangat besar untuk dikembangkan, hanya saja masih harus dipoles lagi agar lebih bernilai jual tinggi," katanya.

Dia menyarankan, Kota Banjarmasin bisa kolaborasi dengan pemerintah daerah tetangganya agar paket wisata kunjungan ke kalimantan lebih lama.

"Kan kalau cuma sisir sungai dan pasar terapung saja, paling cuma satu hari, bikin lebih dari tiga hari dengan paket tour wisata agar wisata juga tak sebentar di Banjarmasin, dan ini bisa kerja sama dengan travel," tuturnya

Dia menyatakan, dengan banyaknya paket wisata yang menarik di daerah ini, maka Kemenlu akan lebih mudah mempromosikannya ke berbagai negara.

"Kita juga memiliki staf yang siap membantu mempromosikannya dengan berbagai bahasa," tutur Ari.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdi menyatakan apresiasi atas saran dan masukan yang diberikan pihak Kemenlu dalam hal ini para Diplomat mudanya.

"Saran dan masukan tentunya menjadi catatan penting bagi Pemkot Banjarmasin untuk kedepannya bisa memajukan pariwisata Kota Banjarmasin menjadi lebih baik," ujarnya.

Selain itu, dia berharap agar Kementerian Luar Negeri senantiasa bisa membantu dan selalu memberikan dorongan untuk kemajuan dunia pariwisata Banjarmasin agar bisa dikenal di tingkat Nasional bahkan Internasional.

"Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga. Dan kami selaku Pemerintah Kota Banjarmasin mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya," kata Hamdi.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017