Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Warga Desa Muning Baru, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar syukuran panen raya semangka yang dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry.

Kepala Desa Muning Baru Gusriadi, di Muning Baru, Selasa (3/10),  mengatakan, warganya sangat bersyukur atas melimpahnya panen semangka di desanya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pak Bupati yang sudah meluangkan waktunya, untuk berhadir pada acara syukuran panen semangka di tempat kami," katanya, saat menyampaikan sambutan warga dalam syukuran panen Raya.

Dijelaskan dia, mewakili warganya  merasa sangat terbantu dengan program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dalam hal pembangunan di bidang pertanian.

Desa Muning Baru berpenduduk 1,685 jiwa dengan 513 kepala keluarga, di saat musim kering hampir mayoritas warganya berkebun, sementara di musim penghujan menjadi nelayan pencari ikan.

Luas desa 2812 hektar yang terbagi menjadi empat RT, buah semangka yang dihasilkan sangat melimpah, sehingga bisa membuat warga bisa hidup berkecukupan.

"Surutnya danau Bangkau menjadi berkah bagi warga tersendiri bagi kami,  rumput yang tumbuh saat musim penghujan menjadi pupuk saat musim kemarau,"katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, panen semangka yang melimbah harus disyukuri, dan  hasil penjualan bisa digunakan untuk memenuhi keperluan hidup dan biaya sekolah anak.

Ia memesankan, para petani semangka di Muning Baru untuk bisa terus memanfaatkan lahan saat musim kemarau, sehingga hasil pertanian dapat diperoleh  dengan maksimal.

Dalam kegiatan ini, Bupati HSS memanen langsung dari kebun semangka milik petani setempat. dan mengangkatnya dari tanaman yang menjalar itu, serta menjadi salah satu potensi lokal yang menjadi andalan daerah yang dijual hingga keluar daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017