Banjarbaru, (Antaranews Kalsel)  - Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Muhammad Fahrudin membuka Seminar UMKM Banjarbaru tahun 2017 dengan tema “Strategi Menuju UMKM yang Kreatif & Inovatif” bersama Christina Mumpuni,STP Msi di Gedung Bina Satria Kota Banjarbaru.


Christina Mumpuni menyampaikan kiat inovasi kualitas dalam meningkatkan daya saing produk, DR IR Robinson Sitepu Mapp SC, yang menyampaikan paparan tentang Pola pikir UMKM dan kiat dalam Implementasinya dan Ari Widianto ST yang akan memaparkan Bisnis di Era Digital.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Drs Muhammad Fahrudin melalui seminar ini diharapkan dapat lebih memajukan UMKM di Banjarbaru.

Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan mengatakan Seminar UMKM Banjarbaru tahun 2017 sangat bermanfaat dalam menggali potensi yang dimiliki UMKM serta bagi perkembangan sektor UMKM ke depan, karena dengan seminar ini, UMKM yang ada di Kota Banjarbaru dapat menambah wawasan tentang usaha-usaha yang akan dikembangkan, sehingga UMKM Kota Banjarbaru ini dapat memperkenalkan dan mempromosikan produk daerah dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM Kota Banjarbaru.

Dengan jumlah pelaku yang banyak, maka usaha yang dikembangkan pun harus beraneka ragam juga, maka dari  sekian banyaknya pelaku usaha yang ada di Kota Banjarbaru, harus menentukan produk yang tepat untuk di pasarkan, produk yang dibuat tidak hanya kreatif dan inovatif tapi juga harus menarik dan terjamin kualitasnya.

Selain itu para pelaku usaha pun harus aktif mempromosikan produknya melalui media sosial yang merupakan langkah bagus untuk memasarkannya via online. Pasalnya, saat ini media sosial menjadi salah satu bahan promosi yang murah, mudah dan cepat. 

Promosi bisa dilakukan dengan meletakkan foto produk beserta detail produk dan harganya. Bila ada dana lebih, buat web dengan tampilan menarik dan informatif sehingga konsumen bisa mengetahui segala jenis produk yang ditawarkan. Jika anda ingin menargetkan pembeli sebanyak-banyaknya dan tersebar di seluruh Indonesia, jasa media sosial, web dan forum bisnis adalah langkah promosi yang tepat.

Pada kesempatan itu Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan juga sharing tentang sebuah kiat untuk kesuksesan seorang pengusaha, kepada peserta Seminar UMKM Banjarbaru tahun 2017. Pengusaha juga harus kuat dan tahan banting, ucap” Jaya”.

Sementara itu Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani yang menyempatkan hadir pada acara Seminar UMKM Banjarbaru tahun 2017, mendapatkan kejutan dan ucapan selamat Ulang Tahun yang ke 48 dari seluruh peserta Seminar UMKM Banjarbaru tahun 2017, ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue oleh  H Nadjmi Adhani.

Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani juga memberikan arahan kepada para peserta Seminar UMKM Banjarbaru tahun 2017. Mau sebaik apapun produk kita, bila tidak ada orang yang mengetahui dan membelinya, tentu percuma. Untungnya di era internet seperti saat ini, banyak sekali ruang yang diberikan bagi pengembangan UMKM. Misalnya dengan memanfaatkan sosial media yang sedang marak.

Tekniknya bisa beragam tergantung produk, lokasi, dan kesanggupan Anda dalam menjalankan promosi. Internet juga mengizinkan Anda untuk bisa berjualan secara online. Yang jelas, agar dapat memanfaatkan sosial media dan internet dalam mendukung usaha, Anda harus mau membangun dan mengembangkan jaringan atau network. 

H Nadjmi Adhani berharap kepada UMKM di Kota Banjarbaru harus sama-sama kuat dan sukses dalam membantu peningkatann ekonomi di Kota Banjarbaru. Pada kesempatan itu diserahkan bantuan gerobak UKM dari Indomaret kepada pelaku UKM./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017