Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin menerima award Universitas Lambung Mangkurat (ULM) 2017 pada puncak peringatan Dies Natalis Ke-59 perguruan tinggi kebanggaan Banua itu.
    
Selain Gubernur, sejumlah tokoh penting dalam perjalanan berdirinya ULM juga menerima penghargaan serupa seperti Pangeran Gusti Rusdi Effendi AR serta para pendiri ULM, yakni Prof H Abdoel Rivai dan G Kosasie.
    
Gubernur dinilai layak menerima award lantaran kepeduliannya yang besar terhadap sektor pendidikan, termasuk banyak membantu ULM dari berbagai aspek dan kebijakan.
    
"Paman Birin komitmen dan konsisten membantu ULM, yang terbaru Pemprov Kalsel menggelontorkan beasiswa untuk mahasiswa Fakuktas Kedokteran," terang Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi MSi, MSc kepada Kantor Berita Antara usai Sidang Terbuka Senat Universitas Lambung Mangkurat dengan acara Dies Natalis Ke-59 di Gedung Serbaguna ULM di Banjarmasin.
    
Sutarto  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus  kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu, mengawal, dan bekerja sama membangun ULM selama ini hingga bisa mewujudkan harapan besar ULM yang terkemuka dan berdaya saing.
    
"Memasuki usia 59 tahun, ULM harus terus mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjamin keberlangsungan masa depan bangsa dalam proses pembangunan nasional, regional dan daerah, khususnya Provinsi Kalimantan Selatan," tandas Sutarto.
    
Pada kesempatan peringatan hari jadi perguruan tinggi tertua di Kalimantan itu, dibacakan juga sejarah ULM dari masa ke masa oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ahmad Alim Bachri.
    
Rektor juga membagikan hadiah bagi pemenang beberapa kegiatan lomba rangkaian acara menyambut Dies Natalis ULM tahun ini.
    
Kemudian juga diisi orasi ilmiah dari Staf Ahli Kemenristekdikti Abdul Wahid Maktub yang memaparkan isu pendidikan tinggi di era disrupsi.
    
Sementara Gubernur Sahbirin Noor berharap ULM semakin berkomitmen dalam mencetak SDM Kalimantan Selatan yang terampil, unggul dan profesional.
    
"Kami terus mendorong kerjasama antara perguruan tinggi, dunia usaha, dan pemerintah daerah khususnya terkait upaya peningkatan relevansi antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dan kebutuhan dunia usaha atau industri dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Sahbirin.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017