Kotabaru,(Antaranews Kalsel) - Sebanyak 52 dari 189 jamaah haji asal Kabupaten Kotabaru yang ikut dalam rombongan penyambutan Panitia Penyelenggara Haji Daerah (PPHD) Senin tiba di "Bumi Saijaan", disambut isak tangis haru dari para sanak keluarga yang sedari subuh menanti kedatangannya di Mesjid Khusnul Khatimah.
     
Sesaat setelah jamaah turun dari bus yang dikawal Satlantas Polres Kotabaru, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, para sanak saudara langsung memeluk hingga tanpa sadar air mata membasahi pipi mereka, melepas rasa kangen karena sudah 40 hari berpisah dalam rangka menunaikan ibadah haji di tanah haram.
     
Tibanya rombongan jamaah haji Kotabaru, sehari sebelumnya mereka berjumlah 189 jamaah yang tergabung di Kloter 06 BDJ bersama Kabupaten Banjar dan Balangan tiba bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru, Ahad (17/9).
     
Sebelumnya, para jamaah haji mulai meninggalkan Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 19.30 WAS atau pukul 00.30 Wita dengan menggunakan Pesawat Garuda Airlines nomor penerbangan GIA 5206, dan harus menempuh kurang lebih 12 jam perjalanan hingga tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru pada pukul 12.25 Wita .
     
Jadwal kedatangan para jamaah haji ini lebih cepat satu jam dari jadwal yang diperkirakan.
     
Tampak para jamaah melakukan sujud syukur atas kesehatan dan keselamatan dari Alloh SWT sejak berangkat hingga kembali lagi ke tanah air.
     
Seluruh jamaah haji ini langsung dibawa menuju Asrama Haji Banjabaru menggunakan sembilan buah Bus Damri sesuai dengan kelompok mereka untuk menjalani serangkaian pemerikasaan kesehatan.
     
Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak adanya para jamaah yang terjangkit virus mers setelah kembalinya mereka dari ibadah haji.
     
Selain itu, juga dilakukan prosesi penyambutan kedatangan dan serah terima rombongan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Provinsi sebelum mereka meninggalkan asrama haji dan kembali ke Kabupaten Kotabaru.
     
Khusus jamaah haji Kotabaru, dari 189 orang yang ada, sebagian telah dijemput oleh sanak famili dengan menggunakan mobil pribadi, namun 52 orang diantaranya tetap mengikuti rombongan bus yang disiapkan Pemkab Kotabaru.
     
Setelah menempuh perjalanan panjang rombongan jamaah haji beristirahat di masjid Al - Kautsar Sekapuk dan juga Masjid Darul Mu'minin Pagatan hingga pagi harinya kembali melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kotabaru.
     
Joni Anwar, Ketua PPHD Kotabaru mengatakan, selama dalam perjalanan, para jamaah akan mendapat pengawalan langsung dari Satlantas Kotabaru, Dinas Kesehatan dan Satpol PP.
     
"Rombongan jamaah haji akan beristirahat di masjid Sekapuk dan juga masjid Pagatan sebelum kembali melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kotabaru," katanya.

Pewarta: Humas/shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017