Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pelaksanaan shalat Idul Adha atau hari raya haji tahun 1438 Hijriah di Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan berjalan lancar, Jumat pagi.

Pantauan Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, cuaca dan suhu udara sejak dinihari hingga selesai shalat Idul Adha 1438 H cukup bersahabat, tidak terlalu panas dan tak pula hujan.

Padahal arak-arakan awan hitam mewarnai lagit yang sekali-sekali hampir menutup warna biru dan jarang terlihat cahaya matahari menyinari "kota seribu sungai" Banjarmasin tersebut.

Oleh karenanya mereka yang menggelar shalat `Id di lapangan terbuka seperti di Stadiun Lambung Mangkurat, Jalan A Yani km5 Banjarmasin bisa melaksanakan ibadah dengan tenang tidak hantui keadaan cuaca.

Pelaksanaan shalat Idul Adha yang juga disebut hari raya haji atau hari raya qurban tahun 1438 H bertepatan 1 September 2017 di ibu kota provinsi tersebut setidaknya tercatat ada 137 tempat.

Tempat shalat Idul Adha itu tersebar pada lima wilayah kecamatan di "kota seribu sungai" Banjarmasin tersebut, yaitu Banjarmasin Utara 33, Banjarmasin Selatan 31, Banjarmasin Timur 25, Banjarmasin Barat 22 dan Banjarmasin Tengah 35 tempat.

Sementara isi khotbah shalat `Id tersebut rata-rata menyinggung masalah kesejahteraan sosial dalam kaitan pelaksanaan ibadah qurban, serta menukil sejarah keteladanan Rasulullah Nabi Ibrahim alaihi salam (as) dan Ismail as.

Selain itu, mengungkap makna penting dalam kehidupan Nabi Ibrahim bersama putranya, Nabi Ismal dalam kehidupan keluarga, berbangsa dan bernegara, antara lain kerukunan serta saling pengertian/harga-menghargai.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017