Marabahan, (Antaranews Kalsel) -  Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Hasanuddin Murad melakukan Pencanangan Kampung Keluarga Berancana (KB)  di 16 desa wilayah Batola, dipusatkan di Desa Samuda, Kecamatan Belawang, Rabu (30/8).
       

Pencanangan Kampung KB  tersebut dihadiri Bupati Batola H Hasanuddin Murad,  Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi, Ketua TP-PKK yang juga Bupati Terpilih Batola periode 2017-2022 Hj Noormiliyani AS Hasanuddin Murad.

Selain itu,  juga hadir Ketua GOW Hj Fauliah Ma’mun Kaderi, Ketua DWP Hj Sri Wahyuningsih Supriyono, Perwalilan BKKBN Provinsi Kalsel, para pimpinan SKPD, dan para camat beserta isteri.

Saat tiba rombongan diterima dengan tarian rebana serta disambut para pelajar TK, SD, SLTP, dan SLTA serta dilakukan pengalungan bunga melati kepada bupati dan isteri serta mendapat suguhan tarian dari pelajar SMA 1 Belawang.

Usai pencanangan, Bupati Hasanuddin Murad dan rombongan juga berkesempatan meninjau pembangunan rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Pusat.

Tahun 2017 ini di Kecamatan Belawang mendapat bantuan pembangunan rumah 293 unit. Khusus di Desa Samuda terdapat 47 unit, sisanya tersebar di desa Belawang, Parimata, Binaan Baru, Rangga Surya, Suka Ramai, dan Patisalira.

Kadis Keluarga Berencana Pengendalian Penduduk Perempuan dan Anak (KBP3A) Batola  Syarkawi mengatakan, dipilihnya Desa Samuda sebagai pusat pencanangan tahun 2017 karena ada beberapa kriteria yang terpenuhi seperti terdapatnya keluarga prasejahtera dan sejahtera 1 sebesar 34 persen dari jumlah penduduk setempat.

Selain itu,  menurt dia, berada di wilayah DAS, penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang masing rendah (0,617 persen), serta tingkat Unmet Need masih cukup tinggi yakni 61,77 persen.

Lebih lanjut dia mengemukakan, partisipasi keluarga dalam program pembinaan ketahanan keluarga masih rendah, partisipasi keluarga dalam program peningkatan ekonomi keluarga juga masih rendah.

Disamping  itu, jelas dia, partisipasi remaja dalam kegiatan generasi berencana melalui pusat informasi dan konsling juga masih rendah.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017