Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Putut Eko Bayuseno memimpin apel pasukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan.

"Kami ingin melihat kesiapan baik personel maupun peralatan yang akan digunakan menanggulangi karhutla di Kalsel," ujar Kabaharkam usai apel diikuti ribuan peserta di Banjarbaru, Kamis.

Apel gelar pasukan yang dipusatkan di lapangan Polda Kalsel Jalan Ahmad Yani Km 21 Kota Banjarbaru diikuti sebanyak 1.500 personel TNI/Polri dan 300 orang unsur dinas dan instansi terkait lainnya.

Selain memimpin apel pasukan, Putut juga mengecek kesiapan peralatan yang akan digunakan untuk memadamkan api dengan mendatangi barisan personel TNI/Polri yang berbaris rapi.

Satu persatu peralatan pemadaman api sederhana dipegang Jenderal Polisi bintang tiga itu seperti alat pemukul titik api bambu, rotan dan kawat yang dibikin sedemikian rupa.

"Peralatan sederhana ini hendaknya dimanfaatkan maksimal di lapangan agar bisa memadamkan api sehingga tidak semakin membesar dan meluas hingga dampaknya makin besar," ungkapnya.

Menurut dia, peralatan sederhana itu hendaknya dipilih mana yang paling baik dari sisi efektivitas, murah biaya untuk pembuatannya dan mudah dibawa ke lapangan hingga ke lokasi titik api.

"Harapan kami ada keseragaman alat yang digunakan untuk memadamkan titik api. Tetapkan alat yang paling ringan dibawa kemana-mana mudah dipakai dan murah pembuatannya," pesan dia.

Dikatakan, langkah pertama dan paling utama menanggulangi karhutla adalah pencegahan sehingga seluruh pihak bukan hanya TNi/Polri harus saling bahu membahu menanggulanginya.

"Paling utama adalah mencegah munculnya karhutla karena kalau sudah terjadi kebakaran, sulit memadamkan dan dampaknya meluas serta merugikan berbagai sektor," ujarnya.

Kedatangan Kabaharkam Mabes Polri ke Kalsel yang didampingi Asisten Ops Kapolri Irjen Moch Iriawan dan perwira tinggi lain dalam rangka memimpin rakor penanggulangan karhutla di Kalimantan.

Rakor di Kota Banjarmasin dihadiri empat Kapolda yakni Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana, Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko, Kapolda Kaltim Irjen Safaruddin dan Kapolda Kalbar Erwin Triwanto.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017